SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Mata Najwa Metro TV mengusung tema Darah Muda untuk peringati Hari Kebangkitan Nasional.

Solopos.com, SOLO – Tayangan Mata Najwa yang disiarkan stasiun televisi Metro TV, Rabu (20/5/2015) pukul 20.05 WIB, mengangkat tema Darah Muda. Dalam tayangan itu dijelaskan ada lima tipe anak muda masa kini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hadir sebagai narasumber di Mata Najwa Metro TV malam itu adalah Wali Kota Bogor Bima Arya dan Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Rhenald Kasali. Keduanya punya pandangan masing-masing seputar anak muda masa kini.

Rhenald menjelaskan di Mata Najwa Metro TV, di zaman yang sudah serba modern seperti saat ini, anak muda dapat dibagi ke dalam dua kelompok. Pertama adalah kelompok Passengers yang semangat bekerja. Dan kedua adalah kelompok Drivers yang mencari kebahagiaan.

“Kelompok Passengers, mereka yang berpikir hanya untuk bekerja, tapi sebagian income masih dari orang tua. Kelompok Drivers, mereka itu minoritas, mereka tidak mencari pekerjaan tapi kebahagiaan,” ungkap Rhenald.

Lebih jauh, Rhenald menjelaskan kelompok Passengers masih dapat dibagi lagi menjadi dua tipe, yakni Good Passengers dan Bad Passengers. “Good Passengers punya sikap mental sebagai pemenang, mereka tahu kapan harus menerima kekalahan dan juga tidak mudah mengeluh,” ujar Rhenald.

“Kalau Bad Passengers, mereka punya mental pecundang, selalu minta dikasihani. Di sosmed biasanya mereka dipanggil haters. Celakanya, saat ini justru banyak anak muda yg masuk dalam kategori Bad Passengers,” imbuhnya.

Dalam segmen pertama Mata Najwa Metro TV itu, Bima Arya mengaku punya pandangan sendiri soal anak muda masa kini. Bima membagi anak muda menjadi tiga tipe, yakni asik dengan dirinya, sudah selesai dengan dirinya, dan bingung dengan dirinya.

“Anak muda yang asik dengan dirinya, orientasinya ya ke dirinya. Hasilnya tergantung lingkungannya, bisa bagus bisa jelek. Anak muda yang sudah selesai dengan dirinya, mereka bekerja lebih untuk lingkungan dan sosial,” tutur Bima.

“Nah, yang berbahaya adalah tipe terakhir, anak muda yang bingung dengan dirinya,” imbuh Bima diikuti gelak tawa penonton di studio Mata Najwa Metro TV.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya