Mata Air Sumberpitu Dimanfaatkan 3 Daerah

Mata Air Sumberpitu Dimanfaatkan 3 Daerah

SOLOPOS.COM - Sumber air Sumberpitu (Twitter)

Mata air Sumberpitu dimanfaatkan PDAM Kabupaten Malang.

Solopos.com, MALANG — Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Malang, Jawa Timur bakal memanfaatkan mata air Sumberpitu di Desa Duwet Krajan Kecamatan Poncokusumo sebagai proyek regional.

Direktur Utama (Dirut) PDAM Kabupaten Malang HM Syamsul Hadi mengatakan dengan menjadi proyek regional maka keberadaan sumber air tersebut nantinya tidak hanya dimanfaatkan oleh warga Kabupaten Malang. Mata air Sumberpitu itu juga bakal dinikmati masyarakat di Kota Malang dan Kota Batu.

“Jika pembangunan proyek Sumberpitu selesai tentunya masyarakat di Malang Raya bisa memanfaatkan air bersih tersebut,” kata Syamsul, Minggu (24/5/2015). Menurutnya, debit air Sumberpitu saat musim penghujan bisa mencapai 1.600 liter/detik-1.700 liter/detik. Sedangkan saat musim kemarau debit air menyusut sebesar 20%.

240 Liter/Detik
Pemanfaatan mata air Sumberpitu sendiri hanya digunakan 240 liter/detik. Dengan begitu pemanfaatannya tidak akan mempengaruhi kebutuhan air persawahan milik petani di wilayah kecamatan Poncokusumo, Tumpang maupun Pakis.

“Proyek pembangunan Sumberpitu menghabiskan anggaran sebesar Rp106 miliar yang bersumber dari APBN,” jelas dia.

Dana sebesar itu dicairkan melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Pekerjaan Umum dan  Balai Besar Wilayah Sungai Brantas Pemerintah Provinsi Jawa Timur (PU BBWS Pemprov Jatim). Sehingga PDAM Kabupaten Malang tidak menerima atau mengelola anggaran tersebut.

Bak Penampung
PDAM juga menyiapkan lahan untuk pembangunan bak penampung air. Biaya pembelian lahan tersebut bukan berasal dari APBN melainkan dana PDAM Kabupaten Malang sendiri. “Jadi tidak benar jika PDAM mengelola anggaran dari APBN untuk proyek pembangunan Sumberpitu,” ujarnya.

Ditambahkan proyek pembangunan Sumberpitu sudah mendapatkan pengesahan dari gubernur Jatim. Dengan begitu dalam pelaksanaan pembangunannya yang bertanggungjawab adalah  Dirjen PU dan BBWS Brantas Pemprov Jatim.

Nantinya, jika proyek pembangunan fasilitas pemanfaatan mata air Sumberpitu selesai, pemerintah pusat akan menghibahkan kepada Pemkab Malang. Selanjutnya pengelolaan air bersih tersebut diserahkan kepada PDAM Kabupaten Malang.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Selama Ramadan, 300 PGOT Ditangkap Satpol PP Solo, 2 Eksploitasi Anak

Satpol PP Kota Solo selama Ramadan dan Hari H Lebaran menangkap sebanyak 300 pengemis, gelandangan, dan orang terlantar atau PGOT di Kota Solo.

H+2 Lebaran, Arus Lalu Lintas ke Wisata Kemuning-Tawangmangu Macet Lur!  

Arus kendaraan menuju ke jalur wisata Ngargoyoso dan Tawangmangu pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021) mengalami kenaikan signifikan.

Bagi-Bagi Kupat Jembut di Tradisi Syawalan Khas Semarang

Dalam Bahasa Jawa, kata jembut mungkin memiliki kesan vulgar. Namun jembut di sini rupaya adalah jenis makanan.

Perahu Wisata di Waduk Kedung Ombo Kemusu Boyolali Tenggelam Diduga Kelebihan Muatan

Kecelakaan air terjadi di Waduk Kedung Ombo kawasan Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/5/2021) siang sekitar pukul 11.30 WIB.

Permasalahan Pembayaran THR Banyak Dialami UMKM, Pemerintah Harus Hadir

Pemerintah harus hadir secara langsung untuk menangani masalah pembayaran THR keagamaan bagi perusahaan-perusahaan di segmen UMKM yang tidak mampu melakukan pembayaran sesuai ketentuan.

Perahu Wisata di Waduk Kedungombo Kemusu Boyolali Tenggelam, 9 Orang Hilang

Sembilan penumpang perahu wisata di Waduk Kedungombo, Kemusu, Boyolali, yang tenggelam, Sabtu (15/5/2021) hilang.

Grebeg Ketupat, Tradisi Perayaan Lebaran Khas Magelang

Indonesia memiliki tradisi Lebaran yang unik di setiap daerah. Salah satunya Tradisi Grebeg Ketupat di Kabupaten Magelang.

Petugas Rutan Solo Temukan Handphone, Diduga Dilempar dari Luar Dinding Rutan

Petugas Rutan Kelas I A Solo kembali menggagalkan percobaan penyelundupan benda terlarang di dalam Rutan Solo

Ribuan Pengunjung Serbu Ndayu Park Sragen di H+2 Lebaran

Ribuan warga berlibur ke objek wisata Ndayu Park Sragen pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Terminal Sukoharjo Sepi, Hanya PO Lokal yang Beroperasi

Sepinya penumpang bus di Terminal Sukoharjo terjadi sejak pengetatan aturan perjalanan mulai 22 april-5 Mei.

Pasar Tunggu Kebangkitan Kerajinan Kuningan Juwana

Juwana merupakan Kecamatan yang menghubungkan Kota Pati dan Kota Rembang.  Di Kecamatan ini pula dikenal sebagai penghasil kerajinan kuningan, yang dikenal dengan Kuningan Juwana.

Isi Libur Lebaran dengan Wisata Keliling Solo Naik Bus Tingkat

Berwisata keliling Kota Solo naik bus tingkat bisa jadi pilihan isi libur Lebaran.