SOLOPOS.COM - Mata Air Ndas Gending (Instagram/@wahyudharma)

Solopos.com, MAGELANG -- Karena terletak di daerah lereng pegunungan, Kabupaten Magelang kaya akan wisata airnyanya. salah satunya adlaah wisata mata air Ndas Gending.

Berlokasi di Dusun Ganjuran, Desa Sukorejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, wisata mata air Ndas Gending ini memiliki airnya yang sangat jernih dan mata airnya terus mengalir meskipun musim  kemarau melanda.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Berbicara mengenai musim kemarau, debit air di Ndas  Gending ini menyusut karena musim kemarau yang panjang. Namun tidak seperti mata air lainnya yang selalu kering jika musim kemarau, air di mata air Ndas Gending selalu mengalir

Baca Juga : Wow! Ada Resto Mirip Tumpeng di Kawasan Bukit Menoreh

Melansir dari situs Beritamagelang.id, Kamis (19/5/2021), kedalaman air saat musim kemarau hanya 1,5 meter, sedangkan saat musim hujan bisa mencapai 2 meter  lebih. Akan tetapi , berkurangnya debit air di mata air Ndas Gending tidak membuat minat pengunjung surut. di saat weekend, pengunjung bisa mencapai 200 orang lebih.

Pengunjung biasanya berasal dari Magelang dan kota di sekitarnya,  seperti Purworejo dan Wonosobo. Saat hari Kliwon tiba, bisanya didatangi oleh untuk melakukan ritual ziarah. Untuk masuk ke area wisata, pengunjung tidak dipungut biaya. Hanya membayar uang parkir sebesar Rp2.000. Jam operasionalnya dari pagi hingga pukul 17.00 WIB.

Tempat ini juga memiliki fasilitas, seperti kamar mandi, kamar ganti, gazebo, dan ayunan. Kolamnya juga dibagi dua, yang berukuran besar untuk laki-laki  dan yang berukuran kecil untuk perempuan. Selain sebagai tempat wisata, Ndas Gending juga berfungsi sebagai pemasok air bersih bagi warga sekitar, khususnya waega Dusun Ganjuran.

Baca Juga : Grebeg Ketupat, Tradisi Perayaan Lebaran Khas Magelang

PDAM setempat mengambil sumber air dari Ndas Gending yang nantinya dialirkan ke warga dusun untuk kebutuhan sehari-hari. Sebelumnya sumber air diambil dari mata air Kaliangkrik namun karena sering mengalami kekeringan, sehingga dipindah ke Ndas Gending yang airnya melimpah.

Nafa Urbach berpose di Mata Air Ndas Gending (Instagram_@nafaurbach)

Nafa Urbach berpose di Mata Air Ndas Gending (Instagram/@nafaurbach)Sebagai putri asli Magelang, aktris dan penyanyi  Nafa Urbach pernah menyambangi mata air Ndas Gending ini saat berada di Magelang, pada 2019 silam saat  tugas kepartaiannya.

Saat mengunjungi mata air Ndas Gading ini, Nafa menyempatkan untuk mengambil foto dan mengunggahnya  di laman Instagram pribadinya @nafaurbach. Dalam kolom keterangan, dia menulis dalam Bahasa Jawa “Kaline bening, banyune anyes atine melu anyes, nek kowe piye ?”

Dia mengungkapkan bahwa air yang ada di mata air Ndas Gendhing itu sangat segar sehingga membuat hatinya juga ikut merasa nyaman. Dalam foto itu, Nafa berpose basah-basahan dengan menggunakan baju kebaya dan juru fotonya berhasil mengambil percikan air yang jatuh membasahi dirinya.

Baca Juga : Transpuan Hollywood Ini Pernah Sambangi Magelang

Dalam unggahan foto di mata air Ndas Gending lainnya, dia juga menuliskan wisata mata air ini tidak jauh dari tempat tinggalnya di Magelang. Dia juga menuturkan bahwa Magelang memiliki banyak wisata air yang bisa dinikmati dan airnya masih dalam keadaan bersih, bening dan segar sehingga nyaman untuk dinikmati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya