SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Antusiasme warga mendapatkan tiket Rp0 atau gratis untuk kereta api (KA) lokal dan perintis dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia terlihat dari antrean panjang di Stasiun Solo Balapan, sejak Sabtu (17/8/2019) pagi WIB.

Puluhan warga rela mengantre berjam-jam demi mendapatkan tiket gratis KA lokal dan perintis, yakni KA Prameks, KA Kalijaga, dan railbus Batara Kresna.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan pantauan di lapangan, antrean panjang mengular di depan loket pembelian tiket di Stasiun Solo Balapan. Hal ini lantaran tiket KA gratis tersebut hanya bisa diperoleh secara go show di loket stasiun keberangkatan.

Sedangkan, pantauan melalui akun Twitter PT KAI, tiket Prameks relasi Solo Balapan-Jogja untuk keberangkatan 17 Agustus 2019 habis pukul 09.30 WIB.

“Alhamdulillah dapat tiket Prameks gratis ke Jogja untuk keberangkatan nanti siang. Antrenya dari pagi, enggak apa-apa kapan lagi dapat tiket gratis,” ujar salah satu warga, Fahri, kepada .

Diberitakan, PT KAI menggratiskan tiket KA Prambanan Ekspress (Prameks), railbus Batara Kresna, dan KA Kalijaga dalam rangka memeringati HUT ke-74 Kemerdekaan RI untuk hari ini. Tarif tiket Rp0 untuk KA lokal public service obligation (PSO) Prameks, Kalijaga, dan KA perintis (Batara Kresna) ini sekaligus sebagai sosialisasi gerakan menggunakan transportasi massal kereta api.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, PT KAI memberlakukan tiket dengan tarif Rp0 alias gratis untuk KA lokal/komuter PSO (subsidi) dan perintis di seluruh Indonesia. Adapun di lingkup PT KAI Daops VI Yogyakarta, KA lokal yang gratis bertepatan Dirgahayu RI adalah KA Prameks, KA Kalijaga, dan KA Batara Kresna.

“Masyarakat bisa mendapatkan tiket KA tersebut secara cuma-cuma di loket stasiun keberangkatan secara go show [hari H/17 Agustus]. Selain itu, tiket ini tidak dapat dipesan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya