SOLOPOS.COM - Dosen Teknik Arsitektur dan Perencanaan UGM Prof. Wiendu Nuryati (di mimbar) saat memberikan presentasi dalam seminar di Kampus Stipram, Kamis (22/2/2018). (Harian Jogja/Sunartono)

Masyarakat dinilai masih kurang memperhatikan sungai

Harianjogja.com, BANTUL-Bambang Sasongko Ketua Forum Masyarakat Cinta Sungai Cirebon menyatakan, pentingnya peran masyarakat dalam rangka memperbaiki sungai agar diminati masyarakat sebagai destinasi wisata.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Masyarakat harus sadar, kata dia, bahwa dengan menjaga sungai, sesungguhnya masyarakat mendapatkan hak merasakan lingkungan hidup yang lebih baik. “Tetapi kita kurang memperhatikan untuk menjaga, kita biasa membuang sampah di sungai dan sekarang pun. Selain itu perlu ada pemahaman sebaiknya setia kegiatan jangan gunakan tempat minun berbahan plastik, lebih baik pakai dedaunan,” ujar pria yang sudah berkeliling dunia karena jasanya dalam merawat dan mengembangkan sungai ini, Kamis (22/2/2018).

Baca juga : Sungai Harus Jadi Halaman Depan

Sekadar informasi, Sungai seharusnya menjadi halaman depan sehingga dirawat dengan baik dan dapat menjadi potensi ekowisata. Namun sayangnya, pemahaman itu belum sepenuhnya melekat di tengah masyarakat, sehingga sungai masih dikesampingkan manfaat ekonominya dan justru menjadi tempat pembuangan.

Dosen Teknik Arsitektur dan Perencanaan UGM Prof Wiendu Nuryati menegaskan, sungai harus menjadi halaman depan bagi masyarakat karena sesungguhnya memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Sayangnya, saat ini masyarakat masih kerap menjadikan sungai sebagai halaman belakang dan mengesampingkan manfaatnya. Seharusnya masyarakat diberikan edukasi secara berkelanjutan, dengan sungai dijadikan sebagai halaman depan menjadikan terawat dan dapat mendatangkan keuntungan ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya