SOLOPOS.COM - Gabungan komunitas sukarelawan Kartasura, Sukoharjo mengirim bantuan untuk korban gempa bumi Cianjur, Jawa Barat (Jabar) pada Selasa (6/12/2022) sore. (Istimewa/Dhenny)

Solopos.com, SUKOHARJO– Gabungan komunitas sukarelawan Kartasura mengirim bantuan untuk korban gempa bumi Cianjur, Jawa Barat (Jabar) pada Selasa (6/12/2022) sore. Bantuan merupakan hasil donasi sukarela warga di Kartasura.

Salah satu sukarelawan Kartasura, Dhenny, menyampaikan bantuan yang dikirim ke Cianjur terdiri atas berbagai macam barang mulai dari bahan pangan, sandang, dan obat-obatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami mengirimkan donasi barang berupa beras, selimut, susu bayi, pakaian anak, vitamin, mi instan, air mineral, bantal, dan makanan ringan untuk anak atau snack. Selain itu juga terkumpul donasi uang kurang lebih Rp27 juta. Semoga keberangkatan pengiriman bantuan ini lancar dalam perjalanannya,” terang Dhenny, Selasa (6/12/2022).

Dia menyebut kebutuhan yang diperlukan bagi korban saat ini yakni celana dalam pria dan wanita, selimut, vitamin dan sembako. Komunitas sukarelawan Kartasura tersebut memberangkatkan dua unit ambulans dan delapan personel sukarelawan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kartasura yang sudah berdonasi. Semoga berkah dan bermanfaat untuk saudara-saudara kita di Cianjur. Kepada masyarakat khususnya warga Kartasura ojo kesel tumindak becik [jangan lelah berbuat baik] itu saja,” ujarnya.

Baca Juga: Solid! Buruh Pabrik di Banyudono Boyolali Galang Dana bagi Korban Gempa Cianjur

Rombongan tersebut dilepas oleh Camat Kartasura, Joko Miranto, didampingi Kapolsek Kartasura Polres Sukoharjo, AKP Mulyanta, dan Danramil 06/Kartasura Kapten Inf Mardiyanto. Joko melepas mobil ambulans yang membawa bantuan disaksikan sejumlah Kepala Desa (Kades) dan Lurah se Kartasura.

“Ini salah satu bentuk kepedulian atas bencana yang menimpa saudara-saudara kita, terutama di Cianjur. Tentu kami mengapresiasi para sukarelawan se Kecamatan Kartasura yang mengirimkan bantuan ke sana [Cianjur],” kata Joko, saat melepas pengiriman bantuan, Selasa (6/12/2022).

Dia mengatakan kepedulian dari masyarakat, baik melalui komunitas maupun dari pemerintah sudah sama-sama berjalan. Tentunya gerakan tersebut juga mendapat support penuh oleh pemerintah kecamatan. Dia mengatakan tak menutup kemungkinan gerakan serupa untuk menolong korban bencana di berbagai daerah juga akan digelar.

Baca Juga: Peduli Gempa Cianjur, Dompet Sejuta Harapan Klaten Kirim Sukarelawan & Logistik

“Kami sudah memberikan izin untuk pengumpulan donasi. Memang kemarin yang diajukan hanya ke Cianjur, tapi ternyata ada beberapa bencana lain seperti Garut dan Semeru. Tidak menutup kemungkinan penggalangan donasi untuk beberapa daerah tersebut akan dilakukan. Kami dari pemerintah kecamatan mendukung upaya saling membantu antar sesama ini,” kata Joko.

Dia mengatakan beberapa sukarelawan Kartasura tak hanya mengirimkan bantuan kali ini. Mengingat sebelumnya juga pernah mengirimkan bantuan pada bencana lalu seperti saat erupsi Semeru pada 2021 dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya