SOLOPOS.COM - Ilustrasi UMKM (JIBI/Solopos/dok)

Kanalsemarang.com, SEMARANG—Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Tengah menyebut sebanyak 250.000 usaha kecil dan menengah (UKM) telah siap menghadapi pasar bebas Asean 2015, seiring dengan proses produksi yang memenuhi standar internasional.

Ketua Umum Kadin Jawa Tengah, Kukrit Suryo Wicaksono mengatakan jumlah keseluruhan UKM se-Jateng sekitar 2,5 juta. Dari angka tersebut, sekitar 10% UKM telah memenuhi pembuatan produksi dengan standar nasional dan internasional. Artinya, proses produksi dari 250.000 UKM di Jateng sudah teruji secara kualitas maupun mutu barang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pihaknya mengklaim jumlah UKM di Jawa Tengah terbanyak di Indonesia dengan multi produk yang mampu bersaing dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015.

“Saya yakin UKM Jateng memiliki potensi layak jual. Kendalanya, bagaimana menjualnya, setelah itu cara mengembangkan pasar seperti apa? Makanya, Kadin ingin menjadi partner mereka,” papar Kukrit kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia, Senin (25/8/2014).

Dia mengatakan saat ini masyarakat mestinya tidak perlu lagi memperdebatkan setuju atau tidak setuju dengan implementasi pasar bebas Asean yang menyisakan waktu beberapa bulan lagi. Yang diperlukan para pelaku usaha, kata Kukrit, bagaimana menciptakan produk dengan kualitas bagus dan diterima semua pasar nasional serta  internasional.

Kukrit berharap pelaku UKM yang telah menciptakan produk sesuai standar nasional bisa memberikan contoh kualitas kepada pelaku UKM lain yang belum berstandar.

“Saat ini kami fokus mengembangkan pemanfaatan e-commerce untuk mendorong peningkatan kapasitas UKM. Oktober ini akan diluncurkan e-commerce yang bekerjasama dengan Kadin Singapura dan Kadin Kuala Lumpur,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya