SOLOPOS.COM - Ilustrasi MEA (JIBI/Bisnis.com/Colourbox-com)

Masyarakat Ekonomi Asean bikin gentar Forum Komunikasi Asosiasi Pengusaha (Forkas) Jatim.

Madiunpos.com, SURABAYA — Tahun pertama era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) membuat kalangan pengusaha di Jawa Timur merasa khawatir mengingat masih lemahnya daya saing produksi barang lokal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Anggota Forum Komunikasi Asosiasi Pengusaha (Forkas) Jatim Budi Budianto mengatakan sebelum memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) memang pemerintah gencar memproteksi produk lokal dengan menerapkan berbagai sertifikasi seperti Standar Nasional Indonesia (SNI).

Ekspedisi Mudik 2024

Namun, menurutnya yang dibutuhkan industri lokal bukan hanya proteksi dalam bentuk sertifikasi tetapi juga bagaimana dorongan pemerintah untuk meningkatkan daya saing apalagi Indonesia terus digempur produk asing.

“Barang murah tanpa proteksi pun sebenarnya jadi peluang industri kita di MEA. Namun bagaimana caranya agar produk kita bisa bersaing dan berkompetisi secara global,” katanya Rabu (27/1/2017).

Dia menambahkan, efisiensi biaya produksi menjadi kunci supaya produk lokal bisa bersaing. Sebenarnya, lanjut Budi, produk lokal pun kualitasnya tidak kalah dengan produk asing yang masih digemari oleh masyarakat Indonesia ketimbang produk sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya