SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Masyarakat ekonomi Asean, APEI Tingkatkan Kompetensi Anggotanya

Harianjogja.com, JOGJA — General Manager PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Distribusi Jateng dan DIY Dwi Kusnanto mengungkapkan, Asosiasi Profesionalis Elektrikal-Mekanikal Indonesia (APEI) memiliki peran penting dalam ketenagalistrikan. Oleh karena itu, orang-orang yang tergabung di dalamnya harus memiliki kompetensi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal itu harus menjadi kesadaran semua pihak karena keselamatan kerja di ketenagalistrikan merupakan hal yang sangat penting. Selain itu, ada pantauan ketat dari dinas ketenagakerjaan.

“Kita butuh kompetensi agar diakui. Ketika PLN buat lelang atau tender, harus ada petugas yang memiliki sertifikasi,” ujar dia.

Ia menjelaskan, saat ini PLN dalam kondisi yang sangat giat karena sedang merealisasikan program 35.000 MW. Hal itu menjadi peluang yang bisa diambil para anggota APEI. Saat ini, rasio elektrifikasi di DIY sekitar 86,7% dan diharapkan pada 2019 nanti rasionya mencapai 99,8%.

“Ini adalah tekad kami. Untuk pertumbuhan penyambungan pelanggan per tahun rata-rata 40.000 hingga 45.000,” kata dia.

Gubernur DIY yang diwakili Kepala Balai Pengujian Informasi Pemukiman dan Bangunan Pengembangan Jasa Konstruksi (PIPBPJK) DIY Bambang Sugiharto mengatakan, keberadaan APEI sangat penting. Oleh karena itu, diharapkan instalasi yang dipasang akan terjamin kualitas dan keamanannya.

“Dengan jaminan itu, pekerja akan memasang instalasi berdasarkan ketentuan-ketentuan teknik yang berlaku dan secara terus menerus diawasi PLN,” ucap dia.

Ketua Panitia Penyelenggara Musda V APEI DIY Budi Tata Satyawan mengatakan, kegiatan ini digelar untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan para anggota APEI DIY.

“Dalam menghadapi MEA, APEI harus mampu menyediakan sumber daya manusia yang berkompeten dan profesional di bidang elektrikal-mekanikal,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya