SOLOPOS.COM - Perwakilan siswa SDN 1 Wonogiri menyerahkan hasil penggalangan dana untuk membantu korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. Foto diambil, Sabtu (26/11/2022). (Solopos.com/Luthfi Shobri Marzuqi)

Solopos.com, WONOGIRI —  SDN 1 Wonogiri menggalang dana untuk membantu korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

Penggalangan dana bantuan yang bersumber dari warga SDN 1 Wonogiri itu diserahkan kepada lembaga amil zakat Solopeduli, Sabtu (26/11/2022).

Promosi Meraih Keberkahan Bulan Syawal, Pegadaian Ajak Masyarakat Umrah Akbar Bersama

Kepala SDN 1 Wonogiri, Mahmud Yunus, menyebut bantuan yang diserahkan berupa uang tunai senilai Rp5 juta. Dana tersebut berasal dari iuran seikhlasnya dari seluruh warga SDN 1 Wonogiri, sehari seusai gempa bumi melanda Cianjur.

“Kami umumkan ke siswa dan wali siswa bahwa ada penggalangan dana. Kami siapkan kotak amal di satu tempat. Bagi yang mau menyumbang kami persilakan memasukkan uangnya ke kotak amal,” ujar Mahmud kepada Solopos.com, Sabtu.

Selang empat hari kemudian, penggalangan dana terkumpul senilai kurang lebih Rp7 juta. Dana sebanyak Rp5 juta diserahkan melalui Solopeduli, sedangkan sekitar Rp2 juta sisanya diserahkan melalui Kwartir Cabang (Kwarcab) Wonogiri.

Baca juga: Hoaks! Info Penculikan Siswa SD di Grobogan, Ini Kata Polisi

Meski telah diserahkan, Mahmud mengaku tetap membuka kesempatan bagi siswa atau wali siswa yang ingin memberikan dana bantuan dan dititipkan melalui pihak sekolah.

Ia mengatakan, penggalangan dana bantuan untuk korban bencana seperti di Cianjur bukan yang pertama kali dilakukan di SDN 1 Wonogiri. “Sebelumnya kami juga melakukan hal serupa untuk korban gempa di Sulawesi, Lombok, dan letusan Gunung Semeru,” kata dia.

Menurutnya, program penggalangan dana merupakan agenda rutin. Tujuannya untuk membentuk karakter dan menumbuhkan jiwa sosial para siswa. Hal itu tak hanya ditujukan bagi korban bencana, namun juga warga sekitar lingkungan SDN 1 Wonogiri yang membutuhkan.

“Sebab selain penggalangan dana untuk korban bencana, kami juga menyediakan kotak amal yang diserahkan setiap Jumat kepada warga sekitar yang membutuhkan, seperti panti jompo atau panti asuhan,” imbuhnya.

Ketua Komite SDN 1 Wonogiri, Agus Haryanto, mendukung kegiatan yang dilakukan warga SDN 1 Wonogiri untuk peduli kepada korban gempa bumi di Cianjur yang terkena musibah.

Baca juga: SDN 2 Lumbungkerep Klaten Dibobol Maling, Polisi Buru Pelaku

Ia berharap seusai penggalangan dana diserahkan, dapat segera disalurkan kepada korban bencana gempa bumi di Cianjur.

Kepala Solopeduli Cabang Wonogiri, Sumarno mengucap terima kasih atas kepercayaan SDN 1 Wonogiri menyalurkan penggalangan dana bantuan bagi korban gempa bumi di Cianjur melalui mereka.

Sumarno mengaku segera menyerahkan bantuan tersebut ke posko Solopeduli yang dibangun di Cianjur.

“Kami membangun posko di dua desa, Desa Mangun dan Cibeureum [Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur]. Bantuan ini akan akan kami realisasikan dalam bentuk sesuai kebutuhan. Prioritasnya saat ini makanan siap saji, terpal, dan kebutuhan anak-anak. Ini bantuan awal dulu, ke depan akan kami lanjut terus,” ucap Sumarno kepada Solopos.com, Sabtu.

Baca juga: Walah! 3 SD di Ponorogo Ini Hanya Dapat 1 Murid Baru pada Tahun Ini

Sebelum mendapat bantuan dari SDN 1 Wonogiri, Solopeduli juga telah melakukan pendistribusian bantuan di enam desa di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur.

Desa tersebut meliputi Desa Mangun, Sampad, Sukamulya, Sukamanah, Cibeureum, dan Mangunkarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya