Masuknya Bikin Merinding, Inilah 6 Hutan di Indonesia Yang Terkenal Angker
Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur. (Detik.com)

Solopos.com, MADIUN – Hutan tak hanya terkenal dengan keindahan pemandangannya. Di balik rimbunnya pepohonan, hutan menyimpan misteri yang menyelimutinya. Tak heran jika ada banyak hutan yang mendapat predikat hutan angker.

Di antara banyaknya hutan-hutan di Indonesia, ada beberapa hutan yang dianggap sebagai tempat berkumpulnya makhluk-makhluk halus. Setiap hutan tersebut memiliki kisahnya masing-masing.

Di Indonesia, ada sejumlah hutan yang sering dianggap hutan paling angker. Berikut ini hutan-hutan di Indonesia yang menyimpan misteri yang telah dirangkum Solopos.com dari berbagai sumber.

1. Alas Purwo di Jawa Timur

Gerbang Taman Nasional Alas Purwo. (travelingyuk.com)

Alas Purwo merupakan sebuah hutan legendaris di ujung timur Pulau Jawa yaitu Banyuwangi Jawa Timur. Banyak misteri yang tak pernah terungkap di hutan ini. Salah satunya adalah mengenai mitos bahwa yang berani masuk ke hutan ini tidak akan pernah kembali. Kalaupun berhasil kembali, orang tersebut pasti akan tertimpa kemalangan dalam hidupnya.

Hutan ini juga kerap dijadikan tempat bersemedi oleh masyarakat setempat, khususnya setiap 1 Sura. Mendiang Presiden Soekarno juga dikabarkan pernah bersemedi di salah satu gua di dalam Alas Purwo.

2. Hutan Gunung Semeru

Pendakian Gunung Semeru. (okezone.com)

Gunung Semeru memang sering dijadikan tempat pendakian. Namun ternyata, hutan di gunung ini juga dikenal gaib dan misterius. Hampir setiap tahunnya pendaki yang menuju ke Gunung Semeru ada yang hilang tanpa jejak.

Selain itu, ada pula titik Arcopodo yang dikenal paling angker. Arcopodo sendiri adalah patung kembar yang dibuat oleh prajurit Majapahit. Hanya orang-orang tertentu yang dapat melihatnya.

3. Alas Roban di Jawa Tengah

Jalanan Alas Roban. (mediaindonesia.com)Alas Roban merupakan kawasan hutan yang terletak di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Di dalamnya terdapat jalan yang menghubungkan Kota Batang dan Kota Semarang.

Alas Roban bisa dikatakan sebagai hutan yang paling angker di wilayah tersebut. Keangkeran Alas Roban sudah terkenal di kalangan warga sekitar dan pengendara yang melintas. Banyak kejadian ganjil yang dialami sendiri oleh pengendara yang melintas di jalur tersebut. Mulai dari penampakan makhluk gaib sampai dibuat tersesat.

4. Hutan Halimun Salak di Jawa Barat

Hutan Halimun Salak. (wisatahalimun.co.id)

Hutan Halimun Salak adalah hutan yang berada di dekat wilayah Gunung Halimun dan Gunung Salak di Jawa BArat. Di hutan ini ternyata ada beberapa bangunan Pura yang dibangun untuk menghormati Prabu Siliwangi dari kerajaan Pajajaran. Banyak orang percaya jika hutan ini masih ditinggali makhluk gaib sisa prajurit Prabu Siliwangi.

Hutan ini menjadi tempat terjadinya rentetan kecelakaan pesawat. Total ada tujuh pesawat yang pernah jatuh di hutan ini. Kecelakaan terakhir yang terjadi di hutan ini adalah jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 pada tahun 2012 silam.

5. Hutan Paloh di Kalimantan Barat

Hutan Paloh. (Sonora.id)

Masyarakat setempat menyebut Hutan Paloh sebagai tempat kerajaan gaib. Mereka percaya jika setiap malam gerbang kerajaan mereka terbuka lebar untuk “mengajak” manusia ke dalamnya. Kalaupun ada manusia yang masuk, dipastikan mereka tidak akan bisa keluar lagi.

Pada tahun 1970 an pernah ada kejadian ketika pesawat TNI terjatuh di hutan ini. Namun yang membuat mengerikan adalah bangkai pesawatnya tidak bisa ditemukan hingga saat ini.

6. Taman Hutan Raya Bukit Soeharto

Taman Hutan Raya Bukit Soeharto. (suara.com)

Taman Hutan Raya Bukit Soeharto terletak di Kutai Kartanegara. Hutan ini sangat rimbun ditumbuhi beragam jenis pohon yang menjulang tinggi. Di balik rimbunnya hutan ini, tersimpan sebuah misteri dari kisah zaman penjajahan masa lalu. Menurut masyarakat, hutan ini dihuni oleh hantu romusha dari masa zaman penjajahan Jepang.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom