Masuk Pancaroba, Ratusan Sukarelawan di Klaten Apel Siaga Bencana

Personel yang ikut apel berasal dari BPBD, Polres, Kodim, Damkar, SAR, PMI, serta sukarelawan. Selain personel, perlengkapan seperti gergaji mesin, perahu, pelampung, dan lain-lain juga turut diapelkan

 Bupati Klaten, Sri Mulyani, dan Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya, mengecek kesiapan sarana dan prasarana seusai apel siaga bencana di halaman Pendapa Pemkab Klaten, Selasa (4/10/2022). (Istimewa/Bagian Prokopim Klaten)

SOLOPOS.COM - Bupati Klaten, Sri Mulyani, dan Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya, mengecek kesiapan sarana dan prasarana seusai apel siaga bencana di halaman Pendapa Pemkab Klaten, Selasa (4/10/2022). (Istimewa/Bagian Prokopim Klaten)

Solopos.com, KLATEN – BPBD Klaten menggelar apel siaga bencana di halaman Pendapa Pemkab Klaten, Selasa (4/10/2022) pagi.

Kegiatan yang diikuti sekitar 300 orang dari berbagai unsur itu dilakukan dalam rangka kesiapsiagaan serta antisipasi ancaman bencana hidrometeorologi memasuki penghujan.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Personel yang ikut apel berasal dari BPBD, Polres, Kodim, Damkar, SAR, PMI, serta sukarelawan. Selain personel, perlengkapan antisipasi ancaman bencana ikut dibawa pada apel itu seperti gergaji mesin, perahu, pelampung, dan lain-lain.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan apel tersebut menjadi penggugah serta penyemangat untuk seluruh unsur melakukan kesiapsiagaan antisipasi terhadap ancaman bencana.

“Selama dua bulan ke depan masa pancaroba. Seluruh elemen harus meningkatkan kewaspadaan musim hujan dan cuaca ekstrem. Waspadai angin ribut, petir, tanah longsor, banjir, dan lainnya. Serta yang tetap meningkatkan kesiapsiagaan mengingat Merapi masih berada pada level siaga,” ungkap Mulyani saat menyampaikan sambutan.

Mulyani mengatakan di Klaten banyak sukarelawan kebencanaan. Mereka aktif pada berbagai upaya pengurangan risiko bencana serta penanganan bencana.

“Saya bangga dan bersyukur memiliki saudara sukarelawan semua. Mereka menjadi potensi luar biasa. Saat kondisi darurat, sukarelawan siap selama 24 jam. Sukarelawan cancut taliwanda langsung terjun ikut menangani bencana,” jelas Mulyani saat menyampaikan sambutan.

Terkait kondisi sungai di Klaten, Mulyani menjelaskan saat ini sudah ada sukarelawan yang bergerak menjaga kebersihan dan kelestarian sungai.

Namun, lantaran secara geografis Klaten luas dan banyak alur sungai, Mulyani mengajak berbagai pihak untuk menjaga kelestarian sungai.

“Saya imbau agar seluruh masyarakat membuang sampah pada tempatnya. Tolong jangan sampai sampah dibuang ke sungai. Tinggal menunggu waktu saja kalau tidak peduli terhadap lingkungan. Bencana akan datang,” jelas dia.

Disinggung soal ASN yang membuang sampah ke sungai, Mulyani mengatakan jika ada yang terbukti melakukan hal tersebut, ASN bisa dikenai sanksi.

“Kalau memang ada [ASN membuang sampah ke sungai], silakan difoto kemudian kirim ke saya. Kalau itu terbukti, itu jadi sanksi,” kata Mulyani.

Kepala Pelaksana BPBD Klaten, Sri Winoto, mengatakan tujuan apel siaga untuk memperkuat komunikasi dan koordinasi para pelaku penanggulangan di Klaten sesuai dengan keahlian dan potensi yang dimiliki.

“Meningkatkan kesiapsiagaan seluruh komponen masyarakat dalam menghadapi musim hujan yang bisa membawa ancaman hidrometeorologi seperti  banjir, angin puting beliung dan tanah longsor. Menyiapkan sumber daya yang diperlukan bila terjadi kejadian bencana,” kata Winoto.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Jika Solo Jadi Ibu Kota Provinsi Soloraya, Maka...

      Jika Kota Solo menjadi ibu kota provinsi baru, yaitu Soloraya, sektor perekonomian akan terus bergerak maju yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

      Ini Keunggulan Desa Conto Wonogiri yang Jadi Desa Wisata Terbaik Jateng 2022

      Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, meraih predikat desa wisata terbaik di Jateng 2022 kategori Sapta Pesona dan Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability atau CHSE.

      Quick Response 110 Polres Sukoharjo Selamatkan Pemuda yang Nyaris Bunuh Diri

      Percobaan bunuh diri seorang pemuda di tempat indekos wilayah Kartasura berhasil digagalkan setelah rekan korban melapor ke call center 110 Polres Sukoharjo.

      Puluhan Penyandang Disabilitas Boyolali Galang Dana untuk Korban Gempa Cianjur

      Puluhan penyandang disabilitas di lereng Gunung Merbabu menggelar doa bersama sekaligus galang dana bagi korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

      Siap-Siap! Lokananta Solo Segera Bertransformasi Jadi Creative & Commercial Hub

      PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) sebagai anggota Holding Danareksa siap mentransformasikan Lokananta Solo menjadi Creative and Commercial Hub.

      Unik! Pemilihan Ketua RT dan RW di Bareng Klaten Dilakukan secara Online

      Pemilihan ketua RT dan RW di RW 004, Kelurahan Bareng, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, pada Minggu (27/11/2022) digelar secara online atau memanfaatkan teknologi informasi.

      Film Pendek, Pidato Inggris dan Arab Sumbang Emas Jateng di Pospenas IX Solo

      Tiga cabang perlombaan yakni film pendek, lomba pidato bahasa Inggris dan bahasa Arab menyumbang medali emas bagi kontingen Jateng di Pospenas IX 2022 di Solo, 23-27 November 2022.

      Granat Unwidha-Pengamen di Klaten Galang Donasi untuk Korban Gempa Cianjur

      Sukarelawan Granat Unwidha Klaten bersama pengamen angklung jalanan Putra Pangestu menggelar aksi penggalangan dana pada Minggu (27/11/2022).

      Pesona Girpasang Klaten, Destinasi Wisata Dataran Tinggi Terbaik Se-Indonesia

      Destinasi wisata Girpasang di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang meraih Juara I pada kategori dataran tinggi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022.

      Harga Sembako di Pasar Sukoharjo Naik Jelang Nataru, Telur Paling Tinggi

      Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok atau sembako di pasar tradisional Sukoharjo mulai merangkak naik menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

      Bantu Korban Gempa Cianjur, Puluhan Seniman Reog Ponorogo Pentas di CFD Solo

      Puluhan seniman Reog Ponorogo mengadakan pementasan dan aksi galang dana di CFD Jl Slamet Riyadi Solo untuk bantu korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

      Gelar Pesta Nikah di Pura Mangkunegaran Solo, Kaesang dan Erina Catat Sejarah

      Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan mencatat sejarah sebagai pasangan pertama di luar kerabat keluarga Mangkunegaran yang menggelar pesta nikah di Pura Mangkunegaran Solo.

      Tujuh Sukarelawan Karanganyar Bantu Evakuasi Korban Gempa di Cianjur

      Mereka yang berangkat ke daerah bencana adalah sukarelawan pilihan. Dimana memiliki keahlian dalam penanganan kebencanaan.

      Wah, 10 Kereta Kencana Disiapkan untuk Kirab Pernikahan Kaesang-Erina di Solo

      Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan akan ada kirab 9-10 kereta kencana dari Loji Gandrung menuju lokasi pesta pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran Solo.

      Upacara Adang Sego, Simbol Raja Keraton Solo yang Mengayomi Rakyatnya

      Upacara adang sego merupakan tradisi keraton kasunanan yang digelar tiap delapan tahun sekali.