Masuk Muri, Pelajar Karanganyar Kalahkan Rekor Baca Puisi Tugu Monas Jakarta

Masuk Muri, Pelajar Karanganyar Kalahkan Rekor Baca Puisi Tugu Monas Jakarta

SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar, Juliyatmono [membawa piagam Muri] di Alun-alun Karanganyar, Jumat (27/10/2017). (Ponco Suseno/JIBI/Solopos)

Sekitar 27.000 pelajar membaca puisi serentak di Alun-alun Karanganyar catatkan rekor Muri.

Solopos.com, KARANGANYAR — Puluhan ribu pelajar di Bumi Intanpari membaca puisi serentak di Alun-alun Karanganyar, Jumat (27/10/2017) pagi. Jumlah peserta kegiatan cipta dan baca puisi merupakan yang terbanyak di Indonesia sehingga layak dicatat di Museum Rekor Indonesia (Muri).

Pemecahan rekor Muri itu diikuti 27.000 peserta. Selain itu, kegiatan itu juga diikuti Bupati Karanganyar Juliyatmono dan Wakil Bupati (Wabup) Karanganyar Rohadi Widodo beserta jajarannya pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar. Kegiatan yang ditujukan menyemarakkan Hari Jadi ke-100 Kabupaten Karanganyar itu juga diikuti beberapa seniman dan budayawan di Karanganyar dan sekitarnya.

“Jumlah peserta yang mengikuti cipta dan baca puisi kali ini melebihi target. Target awal 25.000 peserta. Ternyata jumlah di lapangan mencapai 27.000 peserta,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar, Tarsa, di sela-sela kegiatan.

Tarsa mengatakan seluruh puisi yang tercipta dan dibacakan ribuan peserta dikumpulkan menjadi satu di panitia penyelenggara. Sesuai rencana, puisi-puisi itu akan dibikin menjadi buku.

“Kalau sudah menjadi buku, akan disimpan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Karanganyar. Semoga dengan cara seperti itu, koleksi puisi di Karanganyar semakin banyak. Tentunya dapat pula memajukan masyarakat agar semakin cerdas,” katanya.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mempersilakan seluruh elemen masyarakat di Karanganyar untuk membuat puisi sesuai ide yang dimiliki. Orang nomor satu di Pemkab Karanganyar itu terbuka menerima isi puisi yang dibuat setiap warganya, termasuk puisi berisi kritikan.

“Kegiatan ini menjadi ajang kreativitas untuk menggali potensi seni di Karanganyar. Silakan ciptakan dan bacakan puisi apa saja,” katanya.

Pada kesempatan itu, Juliyatmono membacakan puisi berjudul Karanganyarku, Karanganyarmu, Karanganyar Kita Semua. Sedangkan Rohadi Widodo membacakan puisi berjudul Kebahagiaanmu.

Perwakilan Muri, Widya, mengatakan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan cipta dan baca puisi di Alun-alun Karanganyar ini merupakan yang terbanyak di Tanah Air. “Rekor terbanyak sebelumnya saat baca puisi serentak di Tugu Monas, Jakarta [diikuti 22.000 orang pada 2014],” katanya.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

50 Persen Pedagang Pasar Ir Soekarno Sukoharjo Pilih Tak Jualan, Ini Alasannya

Separuh atau 50% pedagang Pasar Ir Soekarno Sukoharjo memilih tak berjualan selama PPKM darurat hingga PPKM Level 4.

Awal Agustus, Penambahan Kasus Corona Jateng Tertinggi se-Indonesia

Penambahan kasus terkonfirmasi virus Corona di Jawa Tengah (Jateng) menjadi yang tertinggi di Indonesia pada Minggu (1/8/2021).

216 Warga Positif Covid-19 Klaten Isolasi di Donohudan, 47 Orang Sembuh

Total jumlah warga Klaten positif Covid-19 yang menjalani isolasi terpusat di Arama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali, mencapai 216 orang.

Kabar Duka, Mantan Bupati Kulonprogo Toyo Santoso Dipo Tutup Usia

Mantan Bupati Kulonprogo Toyo Santoso Dipo tutup usia ada Sabtu (31/7/2021) sekitar pukul 17.51 WIB di Rumah Sakit Bethesda.

Dapat Keluhan PPKM Diperpanjang dari Pedagang, Begini Jawaban Satpol PP Wonogiri

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Wonogiri menerima beberapa keluhan dari sejumlah pedagang terkait perpanjangan PPKM.

Telan Anggaran Rp18,3 Miliar, Gedung MPP Sukoharjo Mulai Dibangun

Gedung Mal Pelayanan Publik atau MPP Sukoharjo mulai dibangun oleh pemenang lelang dengan nilai kontrak Rp18,3 miliar.

KAI Hadirkan Corak Lokomotif Khusus Meriahkan HUT ke-76 RI, Ini Tampilannya

PT KAI memeriahkan peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Indonesia dengan memasang livery khusus pada lokomotif dan kereta serta ornamen lainnya.

Innalillahi, Anggota Satpol PP Wonogiri Meninggal karena Covid-19

Kabar duka datang dari Satpol PP Wonogiri. Salah satu anggota Satpol PP Wonogiri, Jaka Prihanta, meninggal dunia karena terpapar Covid-19, Sabtu (31/7/2021).

Anthony Ginting Gagal Melaju Final

Anthony Ginting gagal melaju ke final Olimpiade Tokyo 2020

Balap Liar di Jalan Ahmad Yani Sukoharjo, 33 Pemuda Dicokok Polisi

Tim Pandawa Polres Sukoharjo membubarkan aksi balap liar di Jalan Ahmad Yani, Kartasura pada Minggu (1/8/2021) dini hari WIB.

Kasus Covid-19 di Boyolali Menurun, Sudah Sepekan di Zona Kuning

Sudah sejak sepekan terakhir, Kabupaten Boyolali berada di zona risiko rendah atau zona kuning terkait persebaran Covid-19.

Lezatos! Sambal Tumpang Sorsi Kuliner Andalan di Sragen, Cuma Rp5.000 Hlo

Saat berkunjung ke Kabupaten Sragen jangan sampai melewatkan kuliner legendaris, sambal tumpang sorsi yang murah dan lezat.