SOLOPOS.COM - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan di depan sejumlah pakaian bekas impor hasil pengawasan Juni-Agustus 2022 di Karawang, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022). (Bisnis/Dany Saputra)

Solopos.com, KARAWANG – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan membakar baju bekas impor senilai Rp9 miliar dari hasil pengawasan selama Juni sampai dengan Agustus 2022.

Sebagian baju bekas impor itu dibakar di Kawasan Pergudangan Grasia, Karawang, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan total keseluruhan jumlah baju bekas hasil impor tersebut memiliki nilai Rp8,5 miliar hingga Rp9 miliar.

baju bekas yang sudah disusun dalam bentuk bal segel itu masuk dari pelabuhan kecil atau jalan tikus. Adapun, total jumlah pakaian yang didapatkan hasil pengawasan sekitar Juni-Agustus 2022 berjumlah sebanyak 750 bal. Setiap bal berjumlah sekitar 300 sampai dengan 400 potong baju bekas.

Ekspedisi Mudik 2024

“Beredar baju bekas seperti ini dan yang jelas impor. Yang begini lagi marak, bahaya bagi kesehatan karena bekas dan ada jamurnya,” tutur Zulkifli atau Zulhas, Jumat (12/8/2022).

Baca Juga: Bea Cukai Semarang Musnahkan Ratusan Bal Pakaian Bekas Impor

Alasan kesehatan, lanjut Zulhas, bukan satu-satunya alasan Kemendag melakukan pengawasan dan penindakan terhadap impor baju bekas dan pelakunya.

Dampaknya terhadap industri garmen dalam negeri khususnya Industri Kecil Menengah (IKM) dinilai buruk apalagi saat pelaku usaha dalam negeri masih dalam proses pemulihan pascapandemi. Kemendag saat ini masih fokus dalam melarang impor baju bekas dari luar negeri seperti yang diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No.18/2021 tentang Barang Dilarang Ekspor dan Barang Dilarang Impor.

Namun, Zulhas tidak menyebut secara spesifik terkait dengan penanganan terhadap penjualan baju bekas impor. Dia hanya menegaskan bahwa hanya impor baju bekas yang dilarang.

Baca Juga: Jangan Bingung, Ini Hlo Perbedaan Preloved dengan Thrift

Baju bekas impor yang berjumlah 750 bal itu ditemukan di Kawasan Pergudangan Grasia, Karawang, Jakarta Barat. Sebagian dari pakaian itu dimusnahkan Jumat (12/8/2022), oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan serta sejumlah pejabat Kemendag dan kementerian/lembaga lain.

“Ini masuk melalui pelabuhan-pelabuhan jalan tikus di [perbatasan] Tarakan, tapi dipasarkan ke Jawa bisa, dari Tarakan lalu dibawa ke sini,” kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas di Karawang, Jumat (12/8/2022).

“Kemendag [mengatur] impor gak boleh. Kalau kita boleh jual barang bekas. Yang tidak boleh impor barang bekas. Kalau sudah tersebar gimana? Ya kita cari,” ujarnya.

Adapun, pengawasan dan penindakan terhadap impor baju bekas ini dilakukan lintas kementerian/lembaga. Pada hari ini, beberapa pakaian tersebut dibakar secara simbolis dan sisanya akan diperiksa terlebih dahulu sebagai barang bukti.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul : Mendag Bakar Baju Bekas Impor Rp9 Miliar, Bahaya Buat Kesehatan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya