SOLOPOS.COM - Pekerja sedang membongkar makam di kawasan Bong Cino, Kota Madiun, Kamis (2/12/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, MADIUN — Proyek pembangunan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) III yang bakal dibangun di bekas area Bong Cino atau pemakaman Tionghoa di Jalan Hayam Wuruk, Kota Madiun, Jawa Timur, bakal segera dikerjakan.

Saat ini, proyek pembangunan bernilai miliaran rupiah itu telah masuk tender dalam Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR). Selain itu, proyek ini juga telah masuk tahap evaluasi administrasi, kualifikasi, teknis, dan harga.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kementerian sudah lelang ya, Alhamdulillah,” kata Wali Kota Madiun, Maidi, Jumat (30/9/2022).

Tempat yang bakal digunakan untuk pembangunan rusunawa III itu sebelumnya adalah makam Bong Cino. Pada awal 2022, Pemkot Madiun telah membongkar ratusan makam di tempat itu. Kini, kawasan tersebut telah diuruk. Lahan yang disiapkan seluas 5.000 meter persegi.

Baca Juga: Indonesia Ekspor Aluminium Rp18 Miliar ke 6 Negara saat Krisis Ekonomi Global

Maidi berharap proyek pembangunan rusunawa III itu dapat dimulai pada awal 2023. Sehingga, bangunan rusunawa tersebut bisa segera rampung dan dimanfaatkan masyarakat yang membutuhkan.

“Untuk saat ini, rusunawa II sudah terisi. Harapannya, yang ketiga ini bisa segera dibangun,” kata dia.

Lebih lanjut, Maidi menyampaikan pembangunan rusunawa ini bukan hanya membantu masyarakat berpenghasilan rendah untuk mendapatkan hunian layak. Namun, juga sebagai upaya pemberantasan kawasan kumuh di Kota Madiun.

Baca Juga: Oknum Petugas Dishub Lakukan Pungli di Kawasan Wisata Sunan Ampel Surabaya

Nantinya, kata dia, rusunawa III ini juga akan dilengkapi dengan pasar barang-barang bekas. Harapannya, perekonomian di kawasan itu bisa berjalan.

“Dengan adanya pergerakan ekonomi, di lokasi itu akan semakin ramai, sehingga makin banyak peminat,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya