SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dengan masker kumisnya. (Solopos-Mariyana Ricky P.D.)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengungkap alasan di balik aksinya mengenakan masker unik bergambar kumisnya sendiri yang belakangan viral di jagat maya.

Kepada wartawan di Solo, Selasa (9/6/2020), Rudy, sapaan akrab Wali Kota Solo, mengaku mencetak sendiri masker bergambar kumis itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Iya, gambar saya sendiri, karena saat saya mengantar pemudik pulang itu, banyak yang meminta foto bareng saya tapi maskernya dilepas karena enggak kelihatan kalau itu saya saat memakai masker," ujar dia.

Ngeri! Ini Video Detik-Detik Kebakaran di Candi Elektronik Solo

Alhasil dia harus membuka tutup masker jika ada warga yang ingin berfoto bersama dirinya.

"Kan jadi enggak bagus to padahal saya mewajibkan semua warga pakai masker saat kegiatan di luar rumah. Ya sudah, saya cetak sendiri sehingga masyarakat enggak perlu lagi minta saya lepas masker saat foto bersama,” kata Wali Kota Solo.

Rudy mengenakan masker dengan gambar kumis mulai Sabtu (6/6/2020). Dia memakai masker itu ketika mengantarkan pemudik yang rampung menjalani karantina mandiri di Dalem Joyokusuman.

Pakar: Kapasitas Tes Covid-19 Rendah, Indonesia Tak Layak New Normal

Foto itu  viral di media sosial, salah satunya di Twitter. Akun Twitter @alexjourneyID mengunggah foto Sang Wali Kota saat sebelum dan sesudah memakai masker kumis pada Senin (8/6/2020).

Tren Baru

Sebelumnya, ucapan Do Manuto (patuhilah) yang digaungkan Rudy riuh hingga menjadikan tren baru tentang kepatuhan pada protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Cek! Ini Jadwal Pemadaman Listrik di Kota Solo, Rabu (10/6/2020)

Sebelum mengenakan masker bergambar kumis, Rudy selalu memakai masker bergambar foto dirinya sendiri yang berucap Do Manuto. Masker Do Manuto itu viral hingga diproduksi massal oleh berbagai produsen masker.

”Sebenarnya tidak ada niatan mau bikin viral. Tapi budaya memakai masker di masa pandemi ini kalau dibikin menyenangkan pasti pada mau pakai masker,” ucapnya.

Rudy mengaku bakal mencetak kembali masker bergambar kumis itu dengan mulut tersenyum. Pasalnya, masker gambar kumis yang dipakainya itu sedang tidak tersenyum dan masyarakat memintanya mencetak yang sedang tersenyum.

“Ya nanti dicetak lagi. Harapan saya, masker menjadi budaya keseharian sampai penyakit ini [Covid-19] ada obatnya,” kata Rudy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya