Masker Alami Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat via SehatQ
Masker alami untuk kulit berminyak dan berjerawat. (Istimewa-SehatQ)

Solopos.com, SOLO — Secara alami wajah akan menghasilkan sebum atau minyak untuk melindungi kulit agar tetap lembab serta sehat. Akan tetapi, jika produksi minyak tersebut berlebih, justru akan menimbulkan masalah pada wajah seperti timbulnya jerawat.

Jerawat pada wajah disebabkan bercampurnya minyak serta kotoran yang ada di wajah yang secara langsung menyumbat pori-pori. Namun hal ini dapat Anda atasi dengan penggunaan masker alami untuk kulit berminyak dan berjerawat secara tepat.

Masker Alami Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Seperti dikutip dari SehatQ, kulit wajah yang bermasalah dikarenakan adanya produksi minyak yang berlebih serta timbulnya jerawat tentu sangat membuat tidak nyaman. Terutama bagi para remaja, baik cewek ataupun cowok.

Mereka akan merasa kurang percaya diri dengan keadaan wajah yang berjerawat tersebut. Namun Anda tidak perlu khawatir, masalah tersebut dapat Anda atasi dengan menggunakan masker wajah alami yang diperuntukkan pada wajah berminyak dan berjerawat.

Baca juga: SehatQ : Bagaimana Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Permanen?

Berikut ini beberapa jenis masker alami yang dapat Anda gunakan untuk kulit berminyak dan berjerawat:

Masker Tomat

Tomat dapat mengelupaskan sel-sel kulit mati secara alami. Oleh karena itu, penggunaan masker tomat terbukti dapat membuat kulit wajah yang berminyak menjadi lebih bersih. Untuk membuat masker alami untuk kulit berminyak dan berjerawat dengan berbahan alami dari tomat adalah dengan menghancurkan tomat hingga mempunyai tekstur yang lembut.

Selanjutnya, Anda dapat mengoleskan masker tomat ke seluruh wajah dengan menggunakan kuas bersih secara merata. Diamkan masker kurang lebih 1 jam. Setelah itu, dapat anda bilas dengan menggunakan air hangat.

Anda bisa membeli masker tomat secara online di toko.sehatq.com!

Masker Yogurt dan Pisang

Yogurt memiliki kandungan lactic acid yang sangat bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati serta dapat mengencangkan pori-pori. Sedangkan kandungan zat aktif yang terdapat pada buah pisang mampu untuk menyerap minyak di wajah. Oleh karena itu, kombinasi kedua bahan tersebut sangat bagus untuk mengatasi kulit berminyak dan berjerawat.

Caranya, campurkan yogurt dengan buah pisang yang telah dihaluskan. Oleskan secara merata pada wajah hingga leher. Diamkan selama 30 menit. Lalu bilas dengan menggunakan air hangat serta keringkan dengan menggunakan handuk.

Baca juga5 Jenis Fobia yang Aneh, Jangan-Jangan Kamu Termasuk?

Masker Lemon dan Madu

Lemon memiliki banyak review terkait kandungan zat yang berfungsi untuk mencerahkan kulit, terutama pada area gelap di kulit dan bekas luka. Campuran lemon dengan madu sangat bermanfaat untuk mengatasi bekas luka pada wajah, bekas jerawat, serta dapat menyerap minyak berlebih pada wajah.

Dilansir dari SehatQ, campurkan satu sendok madu dengan satu buah lemon yang telah diperas ke dalam satu wadah. Selanjutnya, Anda dapat mengoleskan campuran air lemon dan madu tersebut pada wajah dengan menyeluruh. Hindari pada area mata dan bibir. Diamkan selama 30 menit, kemudian dapat Anda bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

Baca jugaBegini Panduan Aman Olahraga di Gym

Masker Putih Telur

Putih telur mengandung protein yang bermanfaat untuk memperbaiki kulit yang rusak. Selain itu, masker putih telur juga dapat mengecilkan pori-pori serta menyerap minyak pada wajah. Pemakaian masker alami ini pun dapat mengatasi serta mencegah timbulnya jerawat. Untuk membuat masker putih telur, maka pisahkan putih dengan kuning telur.

Selanjutnya, Anda dapat menambahkan perasan jeruk ke dalam putih telur. Campur kedua bahan hingga merata. Kemudian dapat anda oleskan pada wajah hingga merata. Gunakan 3 hingga 4 lapis. Lalu diamkan selama 30 menit. Langkah terakhir, dapat Anda bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

Masih banyak lagi masker alami untuk kulit berminyak dan berjerawat yang dapat Anda coba. Penggunaan masker dengan bahan alami pada wajah secara tepat dapat menjaga kesehatan kulit wajah tanpa adanya efek samping.

 

Sumber: SehatQ



Berita Terkini Lainnya








Kolom