SOLOPOS.COM - (JIBI/SOLOPOS/detikcom)

(JIBI/SOLOPOS/detikcom)

NEW YORK- Produsen pesawat terbang Amerika Serikat (AS), Boeing mengungkapkan Xiamen Airlanes yang merupakan salah satu bagian dari China Southern Airlines menyetujui pembelian 40 armada next-generation 737-800s seharga US$ 3,5 miliar (Rp31,5 triliun).

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Dalam keterangan tertulis Beoing seperti dikutip AFP, Sabtu (4/8/2012), pembelian pesawat tersebut membutuhkan persetujuan dari Pemerintah China, dan Boeing siap membantu perizinan tersebut.

Maskapai asal negeri tirai bambu itu membutuhkan pesawat baru agar bisa menambahkan rute penerbangan internasional, sehingga bisa meningkatkan jumlah penumpang di Asia Pasifik dan China.

Bersamaan dengan kesepakatan tersebut, Boeing akan mengirimkan 40 Boeing 737 mulai dari 2016 sampai 2019. B737-800 berhasil meraih penjualan terbaik dari jenis Boeing yang memang terkenal dalam kelompok next-generation di bisnis penerbangan.

Xiamen Airlines yang akan menjalin kerja sama dengan Skyteam pada akhir tahun ini mengoperasikan enam pesawat 757 dan 77 pesawat next-generation 737.

“Maskapai tersebut akan mengembangkan operasinya dengan menambahkan 200 pesawat pada akhir tahun 2020.”

China Southern Airlines yang merupakan perusahaan terbesar ketiga di China, bersanding dengan Air China dan China Eastern Airlines ini menguasai 60% kepemilikan saham di Xiamen Airlines.

Selain maskapai China, SilkAir yang merupakan anak usaha Singapore Airlines (SIA) kemarin sudah membeli 54 pesawat Boeing yang baru dengan nilai kerjasama US$ 4,9 miliar. SilkAir juga punya opsi untuk membeli 14 armada pesawat terbang. Silk Air memesan 23 pesawat 737-800 dan 31 pesawat 727 MAX 8. Berbagai pemesanan pesawat itu bisa membantu Boeing bersaing semakin ketat melawan rivalnya, Airbus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya