SOLOPOS.COM - Warga mengunjungi Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo, Minggu (18/6/2023). (Solopos.com/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO – Rata-rata jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Solo selama libur Natal 2023 sekitar 13.000-an orang per hari. Wisata religi, kebun binatang, heritage, hingga kampung wisata menjadi pilihan wisatawan luar kota.

Kepala Bidang (Kabid) Destinasi dan Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo, Gembong Hadiwibowo menjelaskan jumlah kunjungan wisata di Kota Solo 15 sampai 25 Desember 2023 sebanyak 137.685 orang. Jumlah wisatawan mancanegara sebanyak 139 orang dan sisanya wisatawan nusantara.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Kami melihat pertumbuhan per harinya itu 13.000-an orang mengunjungi Kota Solo. Kalau kami bandingkan dengan tanggal yang sama pada November ada kenaikan sekitar 40 persen,” kata dia, Selasa (26/12/2023).

Gembong menjelaskan daya tarik wisata pilihan wisatawan paling banyak, yakni Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo Safari, Pura Mangkunegaran, Pasar Gede Solo, dan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo).

Selain itu, lanjut dia, para wisatawan berkunjung ke sejumlah kampung wisata, antara lain Kampung Wisata Baluwarti Solo, Kampoeng Batik Laweyan Solo, dan Kampung Batik Kauman.

“Dibandingkan dengan Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo Safari, kayaknya enggak sebanyak itu. Mereka lebih banyak belanja di kampung wisata. Kalau belanja tak harus ke kampung wisata namun bisa di mana saja,” paparnya.

Sekretaris Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Laweyan, Riyanto, menjelaskan jumlah pengunjung meningkat sekitar 50 persen sejak Jumat (22/12/2023). Aktivitas yang ditawarkan kampung batiknya, antara lain belanja batik, belajar membatik, dan kuliner.

“Pengunjung dari kalangan wisatawan keluarga, mereka yang pernah ke Laweyan, tinggal di luar negeri dolan ke Laweyan,” ungkapnya.

Menurut dia, ada sekitar 40 pelaku usaha batik di Kampoeng Batik Laweyan Solo. Para pengunjung ada yang datang sejak pagi, antara lain para tamu yang menginap di Solia Zigna Kampung Batik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya