SOLOPOS.COM - Tangga bambu ini sejak puluhan tahun silam selalu berada di dalam ruangan inti Masjid Agung Kota Madiun tanpa ada yang berani memindahkannya. (JIBI/Solopos/Aries Susanto)

Masjid unik di Kota Madiun ini tak hanya tiang penyangganya yang miring semua. Melainkan, juga keberadaan sebuah tangga bambu di dalam ruangan utama masjid.

Madiunpos.com, KOTA MADIUN – Ada banyak keganjilan ketika memasuki ruangan utama Masjid Agung Kota Madiun. Selain melihat tiang penyangga masjid sebanyak 16 batang yang terlihat miring semua, pengunjung masjid juga akan dibuat terheran dengan keberadaan sebuah tangga di ruangan inti masjid.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pantauan Madiun Pos, tangga itu selalu berada di ruangan inti masjid. Sekilas, pengunjung yang jarang ke Masjid Agung akan mengira bahwa masjid baru saja dibersihkan dan tangga itu belum sempat dipindahkan ke gudang atau tempat lainnya yang semestinya.

Ekspedisi Mudik 2024

Namun, dugaan itu ternyata sepenuhnya meleset. Sebab, tangga itu memang selalu berada di situ tanpa bergeser sedikit pun sejak puluhan tahun silam.

“Sejak saya kecil, tangga itu sudah berada di sana. Enggak ada yang berani memindahkan,” ujar Agus Triyono, salah satu takmir Masjid Agung saat berbincang dengan Madiun Pos di masjid setempat, Jumat (8/5/2015).

Triyono mengaku sejak kecil sudah akrab dengan Masjid Agung Kota Madiun. Selama itu pula, tangga yang kini dicat warna hitam itu selalu bersandar di tiang penyangga utama masjid seolah menyatu dengan bagian inti masjid berusia ratusan tahun itu.

“Mungkin sudah 30 tahun lebih. Hla wong saya sejak kecil juga sudah melihat tangga itu berdiri di sana,” paparnya.

Agus menuturkan, tangga setinggi 10-an meter menurut cerita ayahnya dulu dipakai untuk membersihkan sarang laba-laba masjid. Namun, entahlah apa sebabnya, tangga itu hingga kini tetap berdiri di ruangan inti masjid tanpa ada yang berani mengembalikan ke tempat semestinya.

“Waktu masjid ini direnovasi, tangga itujuga enggak ada yang berani memindahkan. Jadi, dia tetap di dalam dan tak diutak-atik,”paparnya.

Pernah suatu hari ada orang yang mencoba memindahkannya, namun tangga itu kembali ke tempat semula. “Dan orang yang memindahkannya itu langsung sakit,” kisahnya.

Nah, mungkin Anda ingin mencoba memindahkannnya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya