SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, DEMAK — Di sepanjang jalur pantai utara (pantura) sisi timur antara Demak dan Kudus tersedia cukup banyak tempat peristirahatan bagi pemudik yang merasakan kelelahan setelah menempuh perjalanan jauh. Namun, masjid dan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) merupakan tempat favorit bagi pemudik untuk melepas lelah.

Berdasarkan pantauan Kantor Berita Antara di sepanjang jalan arteri jalur pantura Demak-Kudus, Minggu (2/6/2019), sejumlah tempat peristirahatan yang disediakan oleh berbagai instansi, mulai dari kepolisian, BPBD, serta organisasi kemasyarakatan hingga instansi pemerintah, nyatanya tak terlalu diminati pemudik. Mereka lebih memilih masjid dan SPBU.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Salah satu masjid yang dipadati pemudik adalah Masjid Agung Demak yang berada di jantung Kota Demak. Meski di tengah kota, masjid itu mampu menarik minat pemudik. Pemudik umumnya lebih memilih melintas ke jalur kota, dibandingkan melalui jalan pantura lingkar Demak yang jauh lebih lancar.

Lahan parkir yang tersedia di masjid itu hampir penuh dipadati kendaraan pribadi dengan pelat luar kota. Di dalam masjid juga hampir dipenuhi pemudik yang tiduran untuk melepas lelah setelah menunaikan ibadah salat.

Parno, salah seorang pemudik asal Jakarta yang ditemui Antara seusai beristirahat di Masjid Agung Demak mengakui sengaja memilih masjid untuk tempat beristirahat sejenak karena bisa menunaikan salat. Selain bisa menunaikan salat, kata dia, di masjid juga tersedia toilet dan parkir yang luas.

Tempat parkir luas yang tersedia di SPBU juga menjadi daya tarik pemudik. Salah satunya SPBU Wonoketingal, Kecamatan Karanganyar, Demak yang lahan parkirnya dipadati mobil pemudik dari arah Jakarta dengan pelat nomor kendaraan luar kota.

Akbar, salah seorang penjaga toilet SPBU Wonoketingal, mengakui sejak dua hari terakhir memang ramai pemudik yang beristirahat di SPBU ini. Hanya saja, imbuh dia, jumlahnya memang tidak seramai tahun lalu, menyusul adanya jalan tol.

Pemudik dari arah Surabaya juga bisa memanfaatkan SPBU yang tersedia di sepanjang jalur jalan pantura Kudus-Demak, salah satunya SPBU Modern di Desa Karanganyar, Demak. Di tempat itu juga terlihat mobil pemudik meskipun tidak seramai di SPBU Wonoketingal.

Suyatono, pemudik asal Surabaya, mengakui sengaja istirahat di SPBU karena mudah ditemui di sepanjang jalan. “Karena bersama keluarga, ketika lelah atau ingin ke kamar kecil tentu mampir ke SPBU sekaligus beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke Cirebon,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya