SOLOPOS.COM - Ilustrasi salat gerhana bulan.(dok)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sejumlah masjid di Kabupaten Karanganyar akan menggelar salat Khusuf saat fenomena gerhana bulan total terjadi pada Selasa (8/11/2022) nanti sekitar pukul 18.00 WIB.

Pengurus Masjid Al Khoir Kasuran, Desa Gajahan, Kecamatan Colomadu, Karanganyar, Sumirat Cahyo Widodo, mengatakan salat gerhana bulan akan dilaksanakan sesuai saat salat Magrib nanti. Bertindak sebagai imam salat gerhana tersebut Ustad Suwito dan  Endro sebagai khotib.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Kami sudah mengumumkan ke para jamaah akan dilaksanakan salat sunah gerhana bulan,” kata dia.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Karanganyar mengimbau kepada umat muslim untuk menggelar salat Khusuf atau salat gerhana. Pihaknya telah menerbitkan seruan kepada para ulama, pimpinan ormas Islam, imam masjid, aparatur pemerintah daerah, dan masyarakat agar melaksanakan salat gerhana bulan di wilayahnya masing-masing.

Pelaksanaan salat gerhana disesuaikan dengan situasi dan kondisi masing-masing. Dijelaskan jika dilihat dari perhitungan atau hisabnya, awal gerhana jatuh sekitar pukul 17.15 WIB. Sehingga salat khusuf bisa langsung dilakukan setelah salat magrib.

Baca Juga: Doa saat Gerhana Bulan, Bisa Dibaca Nanti Malam 8 November 2022

Salat gerhana ini memungkinkan untuk dilaksanakan secara berjamaah. Apalagi akhir gerhana bulan pukul 18.41 WIB. Selain salat, dia menambahkan ketika terjadi gerhana bulan umat muslim dianjurkan memperbanyak zikir, doa, istighfar, taubat, sedekah, dan amal-amal kebajikan lainnya.

Ditambahkan sesuai tuntunan syariat ketika terjadi gerhana matahari maupun gerhana bulan, salah satunya menghadirkan rasa takut kepada Allah SWT. Karena peristiwa tersebut mengingatkan akan tanda-tanda kejadian hari kiamat, atau karena takut azab Allah diturunkan akibat dosa-dosa yang dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya