Masjid Kapal Semarang Nan Instagramable...
Masjid Kapal Semarang yang berlokasi di Jl. Kyai Padak, Kelurahan Podorejo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah. (Instagram—seputarsemarang)

Solopos.com, SEMARANG — Kota Semarang memiliki destinasi wisata religi yang unik nan megah. Masyarakat setempat menyebutnya Masjid Kapal Semarang. Masjid yang menyerupai kapal Nabi Nuh itu wajib masuk ke dalam daftar liburan yang akan datang.

Masjid bak kapal Nabi Nuh itu sebenarnya bernama Masjid Safinatun Najah. Tapi karena bentuknya menyerupai sebuah kapal, maka masyarakat setempat menyebutnya Masjid Kapal Semarang.

Seperti yang dihimpung Semarangpos.com dari berbagai sumber, Sabtu (25/4/2020), Safinatun Najah memiliki makna "kapal penyelamat". Itulah mengapa, bentuk bangunan masjid memiliki desain menyerupai sebuah kapal.

Frislly Herlind Kerasukan Penunggu Gedung Tua di Semarang

Masjid megah nan unik itu, menjadi salah satu destinasi wisata religi di Semarang. Wisatawan dari berbagai daerah beramai-ramai mengunjungi masjid tersebut. Tidak boleh lupa, pengunjung harus mengabadikannya lewat selfie dengan latar belakang masjid berwarna kuning kecokelatan tersebut.

Masjid Kapal berlokasi di Jl. Kyai Padak, Kelurahan Podorejo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. Jika dari arah Bandara Internasional Ahmad Yani, pengunjung harus melewati Pantura lalu ke arah barat. Setelah itu belok di Pasar Jrakah lalu meuju Kecamatan Ngaliyan.

Pedagang Kaki Lima

Di kawasan masjid, pengunjung akan disambut pedagang kaki lima yang menjual aneka makanan dan minuman. Ada juga penjual yang menawarkan durian dan rambutan.

Masjid unik tersebut dibangun di lahan seluas 7 ha dengan luas bangunan 2.500 m2. Sama seperti kapal pada umumnya, masjid kapal memiliki 68 jendela berbentuk lingkaran. Destinasi wisata religi ini juga memiliki buritan dan haluan.

Mengulas Sejarah Gedung Jiwasraya Kota Lama Semarang

Masjid Kapal memiliki empat lantai dengan fungsi yang berbeda. Di lantai pertama, difungsikan sebagai ruang pertemuan, tempat wudu, dan toilet. Sedangkan lantai kedua dan ketiga digunakan untuk area berdoa.

Untuk lantai keempat, area tersebut dimanfaatkan wisatawan untuk menikmati pemandangan di sekitar Masjid Kapal. Di sana, pengunjung akan ditemani semilir angin dan pemandangan hijau yang memanjakan mata.

Untuk masuk ke Masjid Kapal, pengunjung harus membayar tiket masuk seharga Rp3.000. Setelah itu, pengunjung bisa langsung menemukan spot foto yang instagramable.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom