Masjid Fatimah Solo Kondang sebagai Masjid Pengantin, Kok Bisa?
Masjid Fatimah Solo (Google).

Solopos.com, SOLO -- Masjid Fatimah yang berlokasi di Jl. dr. Radjiman No. 193, Jayengan, Serengan, Solo, Jawa Tengah (Jateng),  terkenal dengan sebutan "Masjid Pengantin."

Dikenal sebagai "Masjid Pengantin" lantaran masjid yang terletak di pusat keramaian Solo ini kerap dijadikan lokasi akad nikah maupun resepsi pernikahan oleh masyarakat termasuk kalangan pesohor.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, dalang kondang Ki Manteb Soedharsono menggelar akad nikah di Masjid Fatimah Solo sembilan tahun silam.

Ganjar Pranowo Sebut Anies Baswedan Sangat Cerdas, Netizen Malah Berdebat

Ki Manteb Soedharsono menikah dengan belahan jiwanya, Beni Syamsiah, yang kala itu masih berusia 37 tahun. Pernikahan itu terjadi setelah Ki Manteb Soedharsono dua bulan bercerai dengan istri keenamnya, Ernie.

Kemudian, pengusaha bisnis baja asal Solo, Fandy Harjatno, juga memilih Masjid Fatimah Solo ketika mempersunting kekasih hatinya, Anita Rosifah. Tercatat, Fandy Harjatno mengucapkan ijab kabul di Masjid Fatimah Solo, Jumat (19/10/2018).

Dihalangi Ratusan Orang, Eksekusi Lahan dan Bangunan di Penumping Solo Ditunda

Pernikahan Fandy Harjatno viral lantaran saat menggelar resepsi pernikahan di Diamond Convention Center dihadiri tamu undangan yang membawa mobil mewah Lamborghini.

Bahkan, Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) memberikan penghargaan terhadap pernikahan Fandy Harjatno dan Anita Rosifah. Adapun penghargaan yang disematkan adalah Resepsi Pernikahan dengan Tamu Berkendara Supercar Terbanyak.

Berdasarkan sejarahnya, masjid yang bisa menampung hingga 800 jamaah ini merupakan wakaf dari keluarga besar Santosa Doelah. Nama Fatimah diambil dari nama orang tua pemilik Batik Danarhadi itu.

Sosok Tuntas Subagyo, Pemimpin Tikus Pithi "Penantang" Gibran/Purnomo di Pilkada Solo

Sebagaimana diinformasikan situs resmi Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta/Solo, surakarta.go.id, masjid ini dibangun 1980. Sebelumnya, masjid ini terletak di area Batik Danarhadi Kemlayan Solo kemudian dipindahkan ke Jl. dr. Radjiman pada tahun 2004.

Arsitektur bangunan Masjid Fatimah Solo memadukan desain Timur Tengah dan budaya Jawa.

Di masjid ini terdapat Alquran raksasan kuno yang menjadi ikon masjid ini. Tak ayal, banyak wisatawan mengunjungi masjid ini.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho