SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Masjid di Papua dibakar belum lama ini menimbulkan keprihatinan semua pihak.

Solopos.com, JAKARTA-Kementerian Agama telah mengirim tim ke Karubaga, Kabupaten Tolikara, Papua, untuk mendalami aksi kekerasan yang melibatkan dua kelompok agama pada Jumat (17/7/2015) lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengemukakan pihaknya telah mengirim tim kesana untuk mendalami akar masalah penyebab insiden tersebut. “Ini yang sedang didalami ya,” kata Lukman di Jakarta, Minggu (19/7/2015) malam.

Ekspedisi Mudik 2024

Lukman menambahkan timnya juga akan berkoordinasi dengan tokoh agama setempat baik itu dari warga muslim maupun jemaah Gereja Injili di Indonesia (GIDI).

Saat disinggung apakah insiden itu murni konflik agama atau bukan, Lukman menyatakan hal tersebut sedang didalami dan dilakukan penyelidikan oleh timnya itu.

“Kami sudah terjunkan tim untuk meneliti apa sebetulnya akar masalahnya,” katanya.

Lukman melanjutkan, pemerintah berkomitmen untuk melakukan penegakan hukum dalam mengusut kasus ini, merehabilitasi bangunan fisik, memberikan bantuan kepada warga yang menjadi korban, dan mengembaikan kerukunan umat di sana.

Peristiwa di Karubaga terjadi pada pukul 07.00 WIT, Jumat (17/7/2015) saat umat Islam di sana tengah melaksanakan Salat Id di halaman Koramil 1702/JWY. Sekelompok orang tidak dikenal membakar kios dan musala yang berada dekat dengan tempat penyelenggaraan Seminar dan Kebaktian Kebangunan Rohani Injili Pemuda.

Versi lain menyebutkan peristiwa bermula ketika beberapa jemaat GIDI mendatangi lokasi untuk berdialog, namun tiba-tiba ada letusan senjata api yang memicu amuk warga. Akibatnya, satu orang meninggal dunia sementara 11 lainnya luka-luka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya