SOLOPOS.COM - Masjid di Tolikara, Papua, yang dibakar saat penyelenggaraan salat Idulfitri, Jumat (17/7/2015) pagi. (Istimewa/Metrotv)

Masjid di Papua dibakar direspons secara berbeda oleh masyarajat.

Solopos.com, JAKARTA – Sebanyak 31 saksi telah diperiksa oleh aparat Kepolisian Daerah Papua terkait insiden kekerasan yang terjadi di Distrik Karubaga, Kabupaten Tolikara, Papua, Jumat (17/7/2015) lalu.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

“Tolikara sudah diperiksa saksi cukup banyak, 31 orang, tetapi masih kita akan periksa hari ini sekitar lima orang lagi,” kata Kapolri Jenderal Pol. Badrodin Haiti di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Rabu (22/7/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Badrodin mengatakan para saksi yang diperiksa berasal dari warga sipil, polisi, dan panitia Kebaktian Kebangunan Rohani jemaat Gereja Injili di Indonesia Tolikara.

“Banyak, dari Polri dari masyarakat, dari jemaah dan dari panitia,” kata dia.

Sementara itu mengenai keterlibatan misionaris, Badrodin menegaskan pihaknya belum menemukan indikasi mengarah ke sana. Namun, polisi akan terus mendalami latar belakang meletusnya kerusuhan yang terjadi pada pelaksanaan Salat Id itu.

“Termasuk juga berbagai informasi yang berkembang di masyarakat, termasuk informasi yang kita dapatkan dari beberapa sumber informasi yang ada di sana. Tentu kita lakukan analisis dan penyelidikan,” kata dia.

Terpisah, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Tito Karnavian menegaskan kerusuhan yang terjadi di Distrik Karubaga, Kabupaten Tolikara bukanlah karena motif agama.

Mantan Kapolda Papua tidak sepakat bila kericuhan di sana dikatikan dengan isu keagamaan, menurut dia warga Papua justru sangat moderat dan toleran dalam persoalan keagamaan.

“Belum ada konflik agama di sana tidak ada,” katanya, Selasa (21/7/2015).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya