SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, memperhatikan maket Masjid Agung Purwokerto saat groundbreaking di Purwokerto, Jumat (7/5/2021). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, PURWOKERTO — Pembangunan Masjid Agung dan Islamic Center Purwokerto di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah resmi dimulai, Jumat (7/5/2021). Mulainya pembangunan itu ditandai dengan groundbreaking atau peletakan batu pertama berupa penggalian lubang tiang pancang yang dipimpin Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Masjid Agung Purwokerto rencana menjadi masjid raya terbesar di Banyumas. Masjid ini terletak di Jl. Dr. Ir Soekarno Purwokerto dan diperkirakan mampu menampung 3.000 orang. Bangunan masjid juga kekinian karena didesain Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Baca Juga: Tes Wawasan Kebangsaan Gergaji Penyidik Kasus Kakap KPK?

Berkonsep 1.000 bulan sabit, Masjid Agung Purwokerto diharapkan akan menjadi landmark baru Kabupaten Banyumas. “Ini bagus sekali, arsitekturnya bagus banget karena dibuat pak Ridwan Kamil. Hari ini Kang Emil ndak hadir, diwakili Kang Uu [Uu Ruzhanul Ulum], Pak Wagub Jabar yang hari ini hadir secara langsung,” kata Ganjar.

Masjid Agung Purwokerto, lanjut Ganjar dibangun di kawasan strategis. Di kawasan itu pula, nantinya akan dibangun gedung DPRD Banyumas. “Jadi area ini sangat strategis, karena kemungkinan akan menjadi kota baru. Sehingga, pembangunan masjid di sini akan menjadi landscape yang menarik bagi Purwokerto dan Banyumas,” terangnya.

Biaya Pembangunan Rp125 M

Bukan hanya fisik belaka, Ganjar berharap Masjid Agung Purwokerto bisa menjadikan mental dan spiritual masyarakatnya lebih baik.

Sementara itu, Bupati Banyumas, Achmad Husein, mengatakan pembangunan Masjid Agung Purwokerto menghabiskan anggaran Rp125 miliar. Pembangunan nantinya dilakukan secara bertahap dan menyesuaikan anggaran. “Tidak harus selesai dalam waktu cepat, yang penting selesai,” katanya.

Baca Juga: Tak Henti KSP Moeldoko Klaim Kepengurusan Partai Demokrat

Selain bangunan masjid, di lokasi itu juga akan dibangun danau seluas 6 hektare. Danau itu berfungsi untuk mempercantik masjid sekaligus sebagai tempat penampungan air atau kolam retensi agar mencegah banjir.

“Semoga nantinya masjid ini bermanfaat untuk masyarakat dan bisa menjadikan Purwokerto lebih terkenal karena adanya masjid yang indah ini,” tutur Bupati Banyumas.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya