SOLOPOS.COM - Dua pengunjung Masjid Agung Keraton Solo jalan-jalan sore di sekitar menara di Masjid Agung Keraton Solo, Selasa (22/3/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Solopos.com, SOLO — Masjid Agung Keraton Solo sudah menyiapkan serangkaian agenda Ramadan 1443 H. Berbagai agenda tersebut telah disusun pengurus dan takmir masjid.

Hal itu disampaikan Kepala Tata Usaha (TU) Masjid Agung Keraton Solo, Muhammad Alif, saat diwawancara awak media di Solo, Senin (28/3/2022). Alif mengatakan agenda Ramadan telah disusun.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Namun, untuk kegiatan puncak atau malam 1 Syawal masih menunggu aturan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dan keputusan Keraton Solo. “Sudah kami buat kegiatan Ramadan, namun kegiatan awal dan akhir Ramadan menunggu SE terbaru [Wali Kota Solo] dan Keraton,” jelas Alif.

Baca Juga: Adakan Salat Tarawih, Takmir Masjid Agung Solo Tunggu SE Wali Kota

Jadwal berbagai kegiatan Ramadan Masjid Agung Keraton Solo sudah terpasang di halaman masjid. Setidaknya ada tiga kuliah atau kajian yang diadakan, yakni kuliah menjelang Magrib, kuliah tujuh menit (kultum) yang direncanakan setelah Isya, dan kuliah Subuh pukul 05.00 WIB.

Sementara Salat Qiyamul Lail seperti biasa diadakan mulai 20-29 Ramadan 1443 H. Salat Tarawih tidak hanya bisa diikuti jamaah yang menjalankan tarawih delapan rakaat, tapi akan dilanjut dengan tarawih 20 rakaat plus tiga rakaat witir.

Tarawih 11 dan 23 Rakaat

“Kegiatannya ada banyak. Salah satunya salat tarawih 11 rakaat dilanjut 23 rakaat, kuliah menjelang buka puasa. Kalau untuk Grebeg Syawal kami masih nunggu. Ada juga salat qiyamul lail,” imbuhnya.

Baca Juga: Ramadan, Masjid Agung Solo Sediakan 200 Porsi Hidangan Buka Setiap Hari

Ihwal saf salat selama Ramadan, Alif mengatakan takmir Masjid Agung Keraton Solo akan menaati aturan terbaru yang diterbitkan oleh Pemkot. Menurutnya, Masjid Agung sendiri mampu menampung hingga 1.200 orang jamaah jika salat dilakukan secara tak berjarak.

“Soal salat jamaah, saf rapat atau berjarak, ya masih nunggu SE. Kalau berjarak ya kapasitas setengah dari total. Kalau full ya sekitar 1.200 orang, kalau berjarak ya 400-an orang,” terangnya.

Baca Juga: Perbaikan Besar-Besaran, Masterplan Masjid Agung Solo Disusun Tahun Ini

Sementara itu, Alif belum mengetahui rencana Grebeg Syawal di Keraton Solo tahun ini. Pada Syawal tahun lalu, Grebeg Syawal Keraton Solo ditiadakan. “Karena pandemi tahun lalu tidak ada. Keraton ikut aturan Pemkot,” katanya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Selasa (22/3/2022), Sekretaris Takmir Masjid Agung Solo, Abdul Basid Rochmad, mengatakan selama Ramadan 2022 akan sediakan 200 porsi hidangan berbuka puasa bersama setiap hari untuk jemaah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya