SOLOPOS.COM - Penanda jarak untuk saf terlihat di lantai Masjid Agung At Taqwa Wonogiri untuk persiapan Salat Id. Foto diambil Rabu (12/5/2021) malam. (Espos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI—Takmir Masjid Agung At Taqwa Wonogiri menggelar Salat Idulfitri dalam skala terbatas, Kamis (13/5/2021) pukul 06.30 WIB.

Imam Masjid Agung, Nanang Fatihun Nada Al Hafidz, saat ditemui solopos.com di masjid, Rabu (12/5/2021) malam, menginformasikan tempat untuk salat hanya area lantai II masjid. Saf diberi jarak. Area itu kemungkinan dapat menampung ratusan jemaah. Hal ini berbeda dengan Salat Id pada kondisi normal. Sebelum Covid-19 mewabah area salat mencapai Alun-Alun Giri Krida Bakti di sebelah timur masjid. Hal itu lantaran jumlah jemaah sangat banyak.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Salat Id besok [Kamis] menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” kata Nanang.

Saat akan masuk ke masuk masjid, lanjut dia, jemaah harus cek suhu tubuh. Takmir menyiapkan sejumlah termometer digital portabel. Setelah itu jemaah harus melalui bilik antiseptik. Bilik tersebut akan menyemprotkan cairan antiseptik secara otomatis saat ada orang melintas. Jemaah juga harus memakai masker. Takmir masjid menyiapkan masker. Jemaah yang tidak memakai masker dapat mengambilnya.

Sementara itu, petugas keamanan masjid, Agus, mengatakan dua tahun ini Masjid Agung menggelar Salat Id dalam skala terbatas. Tiga personel pengamanan internal masjid akan bertugas mengamankan area masjid. Petugas juga akan mengawasi untuk memastikan semua jemaah memakai masker dan menjalankan protokol kesehatan lainnya. Nanang menjadi imam Salat Id akan diimami Nanang, sedangkan penceramah adalah Subadi.

“Kami harap jemaah patuh dan disiplin menjalankan protokol kesehatan. Semua harus memahami sekarang ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Jadi, semua harus ikut mencegah penularan Covid-19,” tegas Agus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya