SOLOPOS.COM - Hair spa bisa dilakukan di rumah (ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO -- Rambut dapat rusak karena terpapar polusi dan debu. Penggunaan kondisioner dan sampo secara rutin, tidaklah cukup untuk mengembalikan kelembapan yang hilang dan kilau rambut. Tetapi dengan hair spa, dapat menutrisi dan membuat rambut lebih kuat saat menikmati pijatan yang menenangkan.

Oleh karena itu, banyak wanita merawat rambut mereka ke salon. Namun, saat ini keluar rumah juga sama dengan mencoba beberapa tantangan seperti virus corona dan pencemaran lingkungan.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Tetapi, tidak ada salahnya mencoba perawatan spa rambut yang mudah ini di rumah. Berikut 5 tipsnya yang dilansir dari okezone.com dan sumber lain belum lama ini.

Liga Inggris: Gol Penalti Everton Tumbangkan Chelsea

Pijat Rambut dengan minyak alami organik

Mulailah spa dengan pijatan minyak yang baik dan menenangkan untuk menyehatkan rambut dan menstimulasi aliran darah ke kulit kepala. Kalian dapat memilih minyak rambut organik pilihan untuk hair spa.

Minyak kelapa perasan dingin, minyak almond manis, dan minyak zaitun organik adalah beberapa minyak yang direkomendasikan untuk hair spa. Sebab, minyak ini mudah didapat di pasaran dan bagus untuk rambut. Lemak sehat dan nutrisi dalam minyak ini membantu menutrisi helai rambut dari akar.

Uap rambut menggunakan steamer atau handuk panas

Salah satu langkah terpenting dalam hair spa adalah membiarkan minyak menembus kutikula rambut dengan benar. Untuk itu, gunakan steamer listrik dengan panas yang tidak ekstrim dan hembuskan sedikit uap ke rambut.

Jika tidak, kalian bisa menggunakan handuk panas Rendam handuk dalam air dan meremasnya sepenuhnya. Masukkan ke dalam oven mikro selama 30 detik. Kemudian, bungkus ini dengan hati-hati di sekitar kepala selama 10-15 menit.

Gunakan sampo rambut untuk bersihkan minyak

Selalu gunakan sampo bebas sulfat untuk mencuci dan membersihkan rambut. Kalian hanya membutuhkan sampo lembut untuk memanjakan rambut. Tetapi, ingat sampo membutuhkan waktu untuk membersihkan minyak dari kulit kepala.

Jika kurang bersih, kalian bisa keramas lagi untuk menghilangkan krim spa rambut sepenuhnya dan kotoran lainnya yang menumpuk. Pijat dengan lembut saat keramas dan dianjurkan untuk terlebih dahulu mencampurkan sampo dengan air. Kemudianm baru mengoleskannya pada rambut.

Ingin Dapat Manfaat Maksimal Dari Teh Hijau, Catat Ini 6 Waktu Tepat Meminumnya

Gunakan masker rambut buatan sendiri

Langkah terpenting dari perawatan spa rambut adalah menggunakan masker rambut. Untuk itu, kalian bisa memilih krim masker rambut yang bagus dari pasaran. Jika tidak, kalian bisa membuat masker rambut sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan dapur seperti telur, dadih, madu, pisang, alpukat, atau bahkan teh hijau. Biarkan masker rambut selama 15-20 menit di rambut untuk mendapatkan rambut yang bergizi paling lembut.

Bilas rambut kembali dengan sampo

Langkah terakhir adalah membilas masker rambut dengan sampo yang lembut dan bebas sulfat. Setelah keramas, gunakan kondisioner, jika menginginkannya. Oleskan kondisioner hanya pada helai rambut dan biarkan selama 6-7 detik, kemudian bersihkan. Jangan menggosok rambut dengan handuk atau menggunakan pengering rambut. Biarkan rambut mengering secara alami. Setelah itu gunakan serum yang baik untuk melindungi rambut dari polusi atau kerusakan luar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya