Masih PPKM, 4 Hajatan di Grobogan Dihentikan Satgas Covid-19

Satgas Covid-19 empat acara hajatan yang digelar di lokasi berbeda di Kecamatan Kradenan dan Kecamatan Gubug di saat PPKM Level 4.

 Satgas Covid-19 Kecamatan Kradenan menghentikan hajatan pernikahan yang digelar warga, Kamis (22/7/2021). (Solopos.com-Polres Grobogan)

SOLOPOS.COM - Satgas Covid-19 Kecamatan Kradenan menghentikan hajatan pernikahan yang digelar warga, Kamis (22/7/2021). (Solopos.com-Polres Grobogan)

Solopos.com, PURWODADI – Satgas Covid-19 di Kabupaten Grobogan menghentikan empat acara hajatan yang digelar di lokasi berbeda di Kecamatan Kradenan dan Kecamatan Gubug di saat PPKM Level 4, Kamis (22/7/2021).

Empat acara hajatan yang dihentikan itu tiga berada di Kecamatan Kradenan dan satu lagi berada di Kecamatan Gubug. Penghentian ini mengingat saat ini masih pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4.

Kapolsek Kradenan AKP Lamsir menjelaskan tiga acara hajatan di wilayahnya terpaksa dihentikan. Yakni hajatan yang digelar di rumah Warsono, 45, dan di tempat Maryanto. Kedua hajatan tersebut berada di Desa Rejosari, Kecamatan Kradenan, Grobogan. Kemudian Satu lagi hajatan di rumah Jardi, 52, di Desa Simo.

Baca juga: PPKM Darurat, Pemkot Semarang Klaim Sudah Salurkan BST 96 Paket Sembako

Penghentian hajatan di Kradenan, Grobogan tersebut, bermula ketika ada informasi dari masyarakat sekira pukul 09.30 WIB. Dua hajatan pernikahan di Desa Rejosari dan satu di Desa Simo. Satgas Covid-19 Kradenan kemudian mendatangi lokasi.

Acara hajatan dihentikan langsung, karena dinilai melanggar Instruksi Mendagri Nomor 22 tahun 2021. Yakni tentang PPKM Level 4 Corona Virus Disease 2019 di wilayah Jawa dan Bali. Serta Surat Edaran (SE) Bupati Grobogan Nomor 360/2704/2021 tentang PPKM Darurta pengendalian penyebaran Covid-19 di Kabupaten Grobogan.

Kendati demikian, menurut AKP Lamsir, Satgas Covid-19 sebelum menghentikan acara menyampaikan penjelasan kepada penyelenggara hajatan. Di mana sesuai peraturan kegiatan pesta hajatan itu harus dihentikan sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus corona atau Covid-19 di Grobogan.

Baca juga: Bangga, Siswa SMAN 1 Purwodadi Wakil Jateng di Paskibraka Nasional

Menerima Penghentian Hajatan di Grobogan

“Tindakan bersifat persuasif, sehingga setelah mendengar penjelasan petugas, tuan rumah menerima penghentian hajatan tersebut. Selain itu kami juga melakukan swab antigen secara acak kepada 16 orang di acar itu, hasilnya negative,” ujarnya.

Satgas Covid-19 Kecamatan Gubug juga menghentikan kegiatan hajatan di Desa/Kecamatan Gubug. Hajatan digelar di rumah Marmin akhirnya dihentikan karena masih PPKM Level 4.

“Ada pemasangan tratak di hajatan tersebut namun, tidak menggelar hiburan. Kendati demikian tetap kita hentikan secara humanis dan persuafif,” jelas Kapolsek Gubug, AKP Sutikno.

 

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Kena PHK Imbas Pandemi, Pria di Kendal Raup Untung dari Bisnis Tanaman

Kisah inspiratif kali ini dibagikan seorang pria di Kendal yang sukses menekuni bisnis tanaman setelah terkena PHK imbas pandemi Covid-19.

Jadi Korban Pinjol Ilegal? Ini Cara Lapor ke Polda Jateng

Kepolisian Daerah Jawa Tengah atau Polda Jateng meminta masyarakat yang jadi korban teror pinjol ilegal tak ragu lapor ke polisi.

Kisah Misteri Pabrik Karet Mijen, Ada Kuntilanak - Kelabang Raksasa

Pabrik karet di Mijen, Semarang, menyimpan kisah misteri dengan penampakan sosok hantu kuntilanak hingga kelabang raksasa.

Buntut Video Viral, Orangtua Siswa di Pekalongan Polisikan Guru

Orangtua siswa di salah satu SMP di Kabupaten Pekalongan melaporkan seorang guru ke polisi buntut video viral di media sosial.

Jepara Masih PPKM Level 3, Ini Penyebabnya

Kabupaten Jepara hingga kini masih berstatus PPKM Level 3 sesuai Instruksi Mendagri terbaru.

Semarang Level 1, Ini Pesan Wali Kota Hendi ke Warga

Kota Semarang, Jawa Tengah, menjadi salah satu daerah yang masuk level 1 dalam perpanjangan PPKM Jawa Bali.

Capaian Vaksinasi Dosis Satu 40,92 Persen, Grobogan Bertahan Level 3

Kabupaten Grobogan sesuai Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021 masih menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

Protes Tempat Karaoke & Prostitusi Ditutup, Ormas di Pati Surati Jokowi

Penutupan prostitusi dan tempat karaoke ilegal oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati, Jawa Tengah (Jateng) mendapat protes dari organisasi masyarakat (ormas).

Indahnya Bendungan Wadaslintang, Dijuluki Mini Danau Toba Gaes

Bendungan atau waduk Wadaslintang di wilayah Wonosobo dan Kebumen memiliki panorama yang indah hingga disebut sebagai mini Danau Toba.

Kisah Petani Magelang Raup Cuan dari Porang

Petani di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah sedang bersemangat dalam menggeluti budi daya tanaman porang.

Pesona Wisata Rumah Pohon Hits di Brebes

Lokasi wisata rumah pohon yang berada di Kecamatan Bandar ini memberikan suguhan panorama alam dari atas pohon dan juga memberikan sensasi kesejukan.

Hore! Magelang PPKM Level 2, Taman Kyai Langgeng Segera Dibuka

Objek wisata Taman Kyai Langgeng di Kota Magelang akan kembali dibuka atau menerima kunjungan wisatawan, akhir pekan ini.

Emoh Banteng Vs Celeng, Ketua PDIP Salatiga Ingin Jokowi Tiga Periode

Ketua PDIP Salatiga, Teddy Sulistio, mendukung wacana Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiga periode.

Pemuda Nekat Sebar Foto Bugil Mantan Pacar Gegara Sakit Hati Diputus

Seorang pemuda menyebarkan foto bugil mantan pacarnya karena sakit hati diputuskan.

Kawasan Industri Batang Bencana untuk Warga Lokal?

Pembangunan Kawasan Industri Terpadu Batang menyebabkan sejumlah bencana bagi masyarakat lokal, seperti banjir yang membawa material pembangunan serta lumpur.