SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Solopos.com, KLATEN -- Setiap donor darah tak perlu menjalani rapid test saat ingin mendonorkan darahnya di Palang Merah Indonesia atau PMI Klaten selama masa pandemi Covid-19.

Namun demikian, para donor darah di PMI Klaten tetap harus menjalani pemeriksaan suhu badan, berat badan, dan pengecekan hemoglobin (Hb).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Naik ke Level Rp14.165, Rupiah Jadi Juara di Asia Terdorong Kemenangan Biden

Demikian penjelasan perwakilan PMI Klaten, Endang Lestari, saat ditemui Solopos.com, di Tegalmulyo, Kemalang, Sabtu (7/11/2020). Meski berlangsung masa pandemi Covid-19, PMI Klaten tetap membuka pelayanan donor darah.

"Enggak perlu takut bagi calon pendonor saat mendonorkan darahnya di tengah pandemi Covid-19. Bagi yang ingin donor darah tak perlu rapid test. Cukup menjalani tes suhu badan, berat badan, dan tes Hb. Setelah itu langsung bisa donor," katanya.

Program Berhadiah Agar Donor Meningkat

Disinggung tentang upaya PMI Klaten dalam meningkatkan jumlah penyumbang darah di masa pandemi Covid-19, Endang Lestari mengatakan PMI Klaten memiliki program berhadiah bagi donor di tengah pandemi Covid-19.

Ini Alasan Pertunjukan Wayang Virtual Karanganyar Usung Lakon Semar Tutur

Hal itu sudah dilakukan sejak awal November 2020. Sesuai rencana, program berhadiah bagi donor darah berlangsung hingga akhir Desember 2020. Kupon hadiah bisa diperoleh bagi pendonor di PMI Klaten atau pun mobil unit donor darah.

"Itu menjadi upaya kami [di tengah pandemi Covid-19]. Hadiahnya sangat menarik, ada sepeda gunung, kulkas, mesin cuci, dispenser, dan lainnya. Dengan cara itu, pendonor di Klaten terus meningkat," kata Endang Lestari.

Cegah Ini Terjadi, Bawaslu Sukoharjo Tempel Ketat Kampanye Tatap Muka Paslon

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, stok darah di PMI Klaten terdiri dari golongan darah A (27 kantong), B (65 kantong), O (72 kantong), AB (10 kantong). Data tersebut tercatat hingga, Senin (9/11/2020) pukul 07.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya