SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, PEKALONGAN — PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mengakui sejumlah desa di lima kecamatan Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, belum teraliri listrik. Alasannya adalah karena adanya beberapa kendala untuk memasang tiang listrik.

Manajer PT PLN APJ Pekalongan, Joko Hadi Widayat mengatakan bahwa dengan letak dan kondisi geografis yang sulit dijangkau maka PLN kesulitan memobilisasi pemasangan tiang listrik. “Kami harus bekerja sama dengan memasyarakat untuk membawa tiang listrik ke lokasi yang dituju meski harus menggunakan sarana tradisional seperti gerobak karena kondisi maupun letak geografis tidak dapat dilewati truk,” katanya di Pekalongan, Kamis (6/12/2018).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Desa-desa yang belum teraliri listrik tersebut, antara lain desa di Kecamatan Lebakbarang, Paninggaran, Kandangserang, Doro, dan Petungkriono. Namun, tegas dia, PLN terus berupaya meningkatkan rasio elektrifikasi di Jawa Tengah, yang ditargetkan pada 2021-2022 bisa mencapai angka 99,9%.

Demi mencapai target elektrifikasi tersebut, kata dia, semua daerah di Jawa Tengah juga terus menggenjot akses listrik hingga ke desa, tidak terkecuali di wilayah eks-Keresidenan Pekalongan. “Adapun, sebagian wilayah eks-Keresidenan Pekalongan, yaitu Kabupaten Batang, Kota Pekalongan, dan Kabupaten Pekalongan, tingkat rasio elektrifikasi sudah mencapai angka 97%,” katanya.

Ia mengatakan untuk menuju pencapaian target rasio elektrifikasi, PLN juga bersinergi dengan pemerintah daerah, yaitu kabupaten dan Kota Pekalongan, dan Batang. “Saat ini, pemerintah juga memberikan keleluasaan pada pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan ketahanan listrik di wilayahnya, terutama bagi daerah yang belum berlistrik. Tentunya semua harus saling bersinergi dari semua stakeholder dan juga pemda,” katanya.

Ia menambahkan pemerintah bekerja sama dengan PLN juga memiliki program pekerjaan sambungan listrik gratis rumah bagi warga kurang mampu yang pada 2018 masih terdapat 343 tambahan pelanggan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya