SOLOPOS.COM - Speedometer Digital (Wahanahonda)

Solopos.com, SOLO-Berikut ini masalah yang kerap terjadi pada speedometer digital sepeda motor, mulai dari Berembun hingga LCD pecah.

Speedometer pada kendaraan bermotor, termasuk sepeda motor menyajikan beragam informasi seperti kecepatan, jarak tempuh, bahan bakar, RPM, sein, dan sebagainya.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Namun bagaimana jika speedometer mengalami kendala dan tidak mampu berfungsi dengan baik? Lalu apa saja masalah yang kerap terjadi pada speedometer digital sepeda motor?

Berikut ulasannya, dikutip dari laman Suzuki Indonesia.

Speedometer memiliki peranan krusial untuk pengendara motor. Adapun masalah-masalah yang bisa terjadi pada speedometer adalah sebagai berikut:

 

Berembun

Masalah pertama yang sering menghantui speedometer pada motor yaitu adanya embun pada speedometer.

Adanya embun pada speedometer artinya terdapat masalah pada mika penutup speedometer. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya celah pada penutupnya atau terdapat retakan.

Sehingga ketika motor dikendarai, panas mesinnya menyebabkan air masuk ke dalam panel speedometer digital. Lambat laun, air yang tertahan di dalamnya membuat speedometer berembun.

Apabila kamu mengalami masalah satu ini pada motor kamu, ada baiknya jika kamu mengecek kondisi mika penutup motor kamu. Apabila terdapat retakan, ada baiknya jika kamu menggantinya dengan yang baru.

 

Speedometer terbakar Matahari (sunburn)

Kebanyakan motor dengan model speedometer digital menggunakan Liquid Crystal Display atau LCD sebagai pelapisnya. Hal ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Salah satu kekurangan yang dimiliki yaitu LCD akan terbakar atau mengalami sunburn, jika motor terus-menerus diletakkan atau diparkir di tempat yang langsung terkena sinar matahari.

Tanda speedometer kamu mengalami sunburn yaitu terjadi keburaman pada speedometer, kemudian redup, dan berakhir dengan tidak adanya informasi yang ditampilkan pada speedometer.

Oleh karenanya, ada baiknya jika kamu dapat memilih tempat parkir yang teduh dan menghindari paparan sinar matahari langsung.

Namun, jika speedometer kamu terlanjur mengalami kerusakan karena terbakar matahari, satu-satunya solusi yaitu menggantinya dengan yang baru.

 

Gangguan pada layar (dead pixel)

Masalah speedometer digital selanjutnya yaitu speedometer mengalami dead pixel. Masalah ini terjadi pada layar LCD motor yang mengalami kecacatan.

Di mana pada layar akan menampilkan dot berupa informasi pada speedometer dengan tidak jelas. Hal itu dikarenakan ada dot yang tidak muncul, sehingga membuat kamu kesulitan untuk membaca informasi yang ditampilkan di speedometer.

Apabila kamu mengalami masalah satu ini, kamu bisa segera menservicenya. Namun, jika layar LCD speedometer sudah mengalami dead pixel, hal ini akan terus menerus rusak dari waktu ke waktu setelah dilakukannya perbaikan.

Jalan yang bisa kamu ambil untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggantinya dengan speedometer yang baru. Jika dana kamu terbatas, kamu bisa melakukan service setiap kali terjadi dead pixels.

 

LCD speedometer pecah

Masalah satu ini memang terkadang tidak dapat terhindarkan. Layar LCD pada motor akan mudah pecah jika terkena benturan yang amat keras.

Semisal benturan yang terjadi ketika terjadi kecelakaan, terbentur benda padat, dan lain sebagainya. Layar LCD juga dapat pecah karena keisengan pemilik motor yang ingin mengotak-atik dan melepas layar LCD tanpa berhati-hati.

Apabila motor kamu mengalami masalah satu ini, satu-satunya cara yaitu menggantinya dengan layar LCD speedometer yang baru.

 

Kaki LCD terputus

Masalah terakhir yang kerap menghantui speedometer digital pada motor yaitu kaki pada LCD speedometer terputus.

Terputusnya kaki LCD memiliki dua penyebab. Penyebab pertama yaitu terjadi korosi dan penyebab kedua yaitu terputus ketika dilakukan pelepasan LCD pada motor.

Untuk melepas LCD speedometer tentu kamu harus memiliki keterampilan yang cukup untuk melakukannya. Dengan begitu hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan pada komponen tidak terjadi.

Apabila kamu mengotak-atik dan melakukan pelepasan komponen dengan tidak berhati-hati, tentu saja hal tersebut akan berdampak pada keutuhan komponen yang kamu lepas.

Risiko terbesarnya yaitu rusaknya komponen yang kamu bongkar. Ada baiknya jika kamu menyerahkan urusan perbaikan motor jika belum memiliki kemampuan untuk melakukan perbaikan sendiri.

 

Cara Merawat Speedometer Digital Pada Motor

Kini kamu telah mengetahui apa-apa saja masalah yang bisa timbul pada speedometer motor kamu. Oleh karenanya kamu harus melakukan perawatan dengan baik.



Di mana fungsi speedometer sangatlah penting bagi pengendaranya. Jika speedometer tidak berfungsi dengan baik, tentu akan membuat kamu berkendara dengan tidak nyaman. Terlebih jika speedometer tidak mampu menampilkan informasi motor.

Untuk itu, kamu bisa simak ulasan berikut mengenai perawatan speedometer sehingga kamu bisa menjaganya dengan lebih baik lagi.

 

Hindari parkir di bawah sinar Matahari

Seperti yang telah kamu ketahui jika model motor dengan speedometer yang dilapisi layar LCD sangatlah rentan terbakar sinar matahari.

Oleh karenanya, kamu perlu menghindari tempat parkir yang terpapar langsung oleh sinar matahari. Dengan begitu kamu dapat menghindarkan LCD terbakar oleh sinar matahari dan membuatnya bertahan lebih lama.

Namun, jika hanya ada tempat parkir terbuka yang tersedia dan kamu terpaksa memarkirkannya di sana, ada baiknya jika kamu telah melapisinya dengan lapisan film.

Hal itu akan membantu layar LCD menahan sengatan sinar matahari. Melapisi LCD speedometer dengan lapisan film adalah tips yang bisa kamu terapkan. kamu bisa menggunakan plastik film dengan warna gelap, biru, atau hijau.

 

Melakukan perawatan rutin

Aki atau baterai pada motor adalah komponen krusial yang harus selalu kamu kontrol. Karena apabila aki mengalami kerusakan hal ini tentu akan mempengaruhi kinerja speedometer pada motor kamu.



Karena jika aki memiliki tegangan yang tidak stabil ini akan membuat tombol yang ada pada speedometer tidak dapat berfungsi dengan baik. Sehingga ketika kamu ingin mengatur sesuatu pada speedometer, tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Oleh karenanya, sebelum aki kamu mengalami kerusakan dan mempengaruhi komponen lain pada motor segera perbaiki atau ganti.

Perlu kamu tahu jika tegangan pada aki yaitu 12,6 Volt engine on dan 12 Volt engine off. Karena komponen satu ini yang kerap mengalami kerusakan, kamu perlu lebih memperhatikan perawatannya.

 

Ganti oli mesin tepat waktu

Oli berperan sebagai pelumas di motor. Apabila kamu tidak menggantinya tepat waktu, hal ini akan membuat mesin pada motor tidak terlumasi dengan baik.

Hal tersebut juga dapat mempengaruhi kinerja kabel pada motor. Di mana hal itu juga akan berdampak pada speedometer motor kamu. Apabila kabel motor mengalami kendala, tentu speedometer juga akan mengalami kendala dalam kinerjanya.

Pastikan kamu mengganti oli motor secara rutin, jangan biarkan oli motor sampai kering karena hal itu akan membuat komponen motor kamu yang lain akan sangat cepat rusaknya.

Demikian masalah yang kerap terjadi pada speedometer digital sepeda motor dan beberapa cara merawatnya.





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya