SOLOPOS.COM - Ilustrasi sampah (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Kondisi sejumlah tempat pembuangan sementara (TPS) di beberapa wilayah di Jebres dikeluhkan oleh warga. Sejumlah TPS tersebut sering menimbulkan bau menyengat terutama setelah turun hujan.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di dua TPS di Jl. KH. Masykur, Jebres, pada Rabu (6/11/2013), sampah-sampah yang ada masih terlihat menumpuk dan berserakan. Dua TPS yang berada di pertigaan Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Solo dan di sebelah Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu warga, Irfan, 28, mengatakan setelah terkena air hujan, bau yang ditimbulkan oleh sampah yang ada di TPS tersebut kian menyengat. Irfan juga menambahkan, keberadaan sejumlah pemulung yang mengais sampah di dua TPS tersebut membuat sampah-sampah berserakan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Baunya sangat menyengat, terlebih setelah terkena hujan. Kalau pagi, banyak juga pemulung yang mengambil sampah di TPS, akhirnya sampah jadi berserakan,” ungkapnya.

Seorang warga lain, Wawan, 35, bahkan pernah melihat sampah-sampah tersebut terbawa aliran air di sepanjang jalan menuju pertigaan TSTJ. Wawan menceritakan, setelah hujan reda, sepanjang Jl. KH Masykur banyak sampah yang berserakan. Warga yang tinggal di sekitar TPS tersebut meminta pemerintah segera menindaklanjuti masalah ini.

“Kalau dibiarkan, kondisi jalan menjadi kotor dan berbau. Apalagi di sini banyak warung makan, kalau ada sampah yang menimbulkan bau, pelanggan jadi malas datang. Kami harap segera ada penanganan di kedua TPS tersebut,” kata Wawan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Solo, Hasta Gunawan mengaku telah menurunkan petugas di sejumlah lokasi TPS terkait dengan penumpukan sampah yang terjadi. Hasta mengatakan, pihaknya akan meningkatkan intensitas pembersihan TPS saat musim hujan.

“Kebetulan saya baru saja kembali dari acara pendidikan dan pelatihan (Diklat) hari ini [kemarin]. Begitu saya pulang, saya sudah perintahkan tim untuk melakukan pembersihan di sejumlah TPS,” ungkapnya.

Terkait dengan keluhan warga mengenai bau menyengat yang muncul di sejumlah TPS, Hasta menjelaskan, kondisi tersebut terjadi akibat adanya hujan yang mulai turun. Hasta mengatakan akan menindaklanjuti keluhan warga yang dirugikan akibat bau sampah yang ada di sejumlah TPS.

“Pembersihan sudah dilakukan, kami akan melakukan pengawasan setiap hari. Nanti akan kami tindak lanjuti keluhan dari warga tersebut,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya