SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KULONPROGO- Persoalan pembuangan limbah sampah plastik di Dusun Panginan, Desa Sindutan, Kecamatan Temon kini teratasi setelah dibeli pengepul dari Purworejo, Jawa Tengah.

Ditemui Harianjogja.com, Jumat (8/2/2013), Kepala Dusun (Kadus) Panginan, Umi Nasihah mengatakan warga di dusun tersebut sepakat menggiatkan gerakan sadar lingkungan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Untuk jenis sampah plastik yang sulit diurai, warga tidak langsung mengubur dan dibakar. Namun, sampah tersebut dikumpulkan di rumahnya.

Sayangnya, ungkap Umi setelah dua pekan setelah program tersebut berjalan, muncul persoalan baru yakni limbah plastik tersebut mau dikemanakan.

“Kalau limbah yang masih bisa didaur ulang, kami buat aneka kerajinan setelah dibimbing dari Kantor Lingkungan Hidup. Tapi puluhan kilogram sisanya, tidak bisa didaur lagi,” jelasnya.

Beruntung terdapat pengepul dari Purworejo yang mau membeli meski dengan harga murah yakni Rp300 per kilogram. Dengan demikian program sadar lingkungan di dusun tersebut bisa terus berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya