SOLOPOS.COM - Petugas memadamkan api yang menghanguskan kandang milik warga Paldaplang, Kebonromo, Ngrampal, Sragen, Rabu (21/7/2021). (Istimewa-Dinas Satpol P dan Damkar Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Dapur rumah Sikem, 75, warga Kampung Sidomulyo, RT 52/RW 15, Kelurahan Sragen Wetan, Sragen, kobong pada Selasa (20//7/2021) malam.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Rabu (21/7/2021), kebakaran dapur rumah Sikem itu terjadi sekitar pukul 21.35 WIB atau saat sebagian besar warga sekitar mau berangkat tidur.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kebakaran itu bermula ketika Sikem bermaksud memasak air menggunakan tungku di dapur rumahnya. Setelah itu, ia meninggalkan dapur menuju ruang tengah.

Baca juga: Iduladha Saat PPKM Darurat, Jumlah Hewan Kurban di RPH Sragen Anjlok

Ekspedisi Mudik 2024

Karena tidak kuasa menahan kantuk, Sikem pun tertidur. Kobaran api kali pertama diketahui oleh keponakan Sikem yang kebetulan berada di lokasi. Ia pun berteriak minta tolong begitu melihat kepulan asap pekat disertai kobaran api yang keluar dari dapur rumah Sikem.

Mendengar teriakan minta tolong, warga berbondong-bondong menuju rumah Sikem. Mereka berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Api Padam Butuh 30 Menit

Warga juga meminta tolong Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) untuk memadamkan api. Tak lama kemudian, petugas Damkar tiba di lokasi.

Petugas Damkar dibantu relawan dari BPBD Sragen, warga sekitar dan PMI Sragen. Berkat kerja keras mereka, api dapat dipadamkan dalam waktu sekitar 30 menit.

“Indikasi sumber api dari tungku masak. Dapur rumah habis terbakar. Kerugian belum bisa ditaksir. Kebakaran itu membuat panik warga sekitar,” jelas Kasi Pemadam dan Penyelamatan, Dinas Satpol PP dan Damkar Sragen, Anton Sujarwo, kepada Solopos.com.

Baca juga: Vaksinasi di Desa Jenar Tertinggal, Bupati Sragen Tuding Kades Samto Tak Aktif Sosialisasikan Program

Kebakaran juga terjadi pada Rabu pagi sekitar pukul 05.30 WIB. Kali ini, objek yang terbakar adalah kandang sapi milik Ngadiman, 70, warga Paldaplang, RT 03, Desa Kebonromo, Ngrampal, Sragen.

Kebakaran itu kali pertama diketahui Ngadiman saat akan memberi makan ternaknya. Melihat jerami dalam kandang sudah terbakar, Ngadiman lalu berteriak minta tolong kepada warga sekitar.

Warga juga menghubungi petugas Damkar untuk membantu memadamkam api. “Objek yang terbakar kandang. Belum diketahui sumber api,” terang Anton.

Baca juga: Pemuda Sragen Dikukut Polisi Gegara Bawa Ratusan Butir Obat Terlarang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya