SOLOPOS.COM - Kapolsek Kalasan Kompol Heli Wijiyatno (paling kiri) dan Camat Kalasan Samsul Bahri (kedua dari kiri) saat memberikan pembinaan kepada anggota geng motor yang tertangkap, Minggu (3/6/2016).(JIBI/Harian Jogja/dok. Polsek Kalasan)

Masa orientasi sekolah di MAN 3 Jogja diisi dengan sosialisasi

Harianjogja.com, SLEMAN – Polres Sleman menggelar imbauan tentang keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di sekolah dengan menjadi inspektur upacara dj Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Yogyakarta 3 yang berlokasi di Sinduadi, Mlati, Sleman, Senin (18/7/2016).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Langkah itu ditempuh untuk meminimalisasi terjadinya aksi geng pelajar seperti tindakan tawuran dan sejenisnya.

Giat safari kamtibmas di sekolah itu dipimpin langsung oleh Kabagops Polres Sleman Kompol Heru Muslimin sekaligus bertindak sebagai inspektur upacara di MAN Jogja 3. Kegiatan itu diikuti sedikitnya 700 pelajar sekolah tersebut, seluruh dewan guru.

Kompol Heru Muslimin menjelaskan, kegiatan itu dilakukan untuk memberikan wawasan pengetahuan kepada pelajar setingkat SLTA. Mengingat akhir-akhir ini kerap terjadi kenakalan pelajar hingga tindakan klithih di jalanan.

Ia berupaya memberikan pemahaman terhadap pelajar agar tidak terlibat sejenis geng-geng tertentu karena bisa berdampak buruk terhadap masa depan mereka.

“Kami imbau pelajar lebih baik melakukan kegiatan positif seperti olahraga dan sejenisnya daripada geng-gengan,” tegas Heru, Senin (18/7/2016).

Selain itu, ia meminta kepada pelajar agar tidak membawa senjata tajam dan jangan sekali-kali mendekati miras serta narkoba. Menurut Heru, pelajar dengan usia anak wajib diberikan pemahaman terkait perundangan peradilan anak. Bahwa pelajar sekalipun jika melakukan pelanggaran hukum bisa diproses sesuai aturan yang berlaku.

“Kami mencoba untuk memberikan wawasan kepada mereka tentang hukum. Harapannya jika paham maka ada efek jera untuk tidak melanggar. Termasuk bagaimana berlalulintas dengan tertib,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya