SOLOPOS.COM - Dunga. Ist/sportstv.tv

Solopos.com, RIO DE JANEIRO— Teka-teki siapa pengganti eks pelatih Timnas Brasil, Luiz Felipe Scolari, tampaknya bakal segera terjawab. Rumor yang berkembang menyebut Dunga menjadi calon terkuat pelatih anyar tim juara dunia lima kali itu.

Dunga memang bukan nama yang asing bagi publik sepak bola Brasil. Pelatih bernama lengkap Carlos Caetano Bledom Verri mengantar negaranya berjaya di Piala Dunia 1994 saat masih menjadi pemain sebelum menukangi Tim Samba dalam rentang Juli 2006-Juli 2010.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sayangnya, karier pelatih 50 tahun itu harus berakhir dengan pemecatan empat tahun silam setelah hasil buruk Selecao, julukan Brasil, di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Brasil kandas di babak delapan besar menyusul kekalahan tipis 1-2 yang mereka derita dari rival kuatnya asal Eropa, Belanda.

Ekspedisi Mudik 2024

Kini setelah empat tahun berlalu, Dunga difavoritkan kembali menukangi Tim Samba setelah Scolari memilih berpisah jalan dengan timnas, baru-baru ini. Scolari dipaksa mengakhiri petulangannya dengan Brasil setelah pembantaian yang mereka alami dari dua raksasa Eropa, Jerman dan Belanda, di babak semifinal dan perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2014 yang dilangsungkan di negaranya sendiri.

Sebagaimana dikutip Sports NDTV dari Globo, konfederasi sepak bola Brasil, CBF, dilaporkan sempat mempertimbangkan eks pelatih Corinthians, Tite, sebagai calon pelatih anyar. Namun dalam perkembangannya, sosok Dunga dinilai lebih layak mengisi posisi yang ditinggalkan Scolari. Jika tidak ada perubahan, penunjukan Dunga bahkan bakal diumumkan secara resmi, Selasa (22/7) waktu setempat.

Di sisi lain, skuat Brasil berharap akan terus bekerja sama dengan pelatih lokal terlepas dari kegagalan Scolari di Piala Dunia 2014. Striker Brasil yang merumput dengan Zenin St. Petersburg, Hulk, mengungkapkan sejumlah raksasa sepak bola dunia sukses merengkuh kejayaan dengan pelatih lokal.

“Felipao [Scolari] telah membuat sejarah dengan Selecao. Dia memenangi Piala Dunia dan Piala Konfederasi. Sayang sekali, dia tidak bisa memenangi gelar keenam,” ujar Hulk memuji eks pelatihnya, Scolari.

“Saya berharap penggantinya adalah seorang [warga] Brasil. Saya melihat Jerman, yang memenangi gelar [Piala Dunia 2014], Italia, Argentina, dan Brasil selalu memiliki seseorang dari kalangan mereka sendiri untuk menjadi pelatih. Saya berharap akan tetap demikian,” lanjutnya. (Triyono/JIBI/Solopos)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya