SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, TANGERANG — Cawapres nomor urut 01 KH Ma’ruf Amin, memuji langkah Presiden Jokowi yang merestui Abu Bakar Ba’asyir bebas murni dari hukuman yang dia jalani di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Gunung Sindur, Bogor, karena pertimbangan kemanusiaan. Menurutnya, Jokowi punya pertimbangan lebih dari sekadar membebaskan Ba’asyir.

“Saya memuji langkah Pemerintah, terutama keputusan Pak Jokowi yang memiliki visi kemanusiannya sangat tinggi,” kata Kiai Ma’ruf Amin di sela kegiatan Istigasah bersama ulama dan warga di Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (18/1/2019), melalui siaran pers yang dilansir Antara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Kiai Ma’ruf, Jokowi sangat peduli terhadap kondisi Abu Bakar Ba’asyir sudah berusia sangat lanjut, yakni 81 tahun. Ba’asyir dijatuhi vonis hukuman penjara 15 tahun penjara dan saat ini sudah menjalani selama 9 tahun.

“Ustaz Ba’asyir sudah sangat tua, sudah uzur, dan sudah sakit-sakitan. Presiden Jokowi memutuskan membebaskan Ustaz Ba’asyir dengan pertimbangan kemanusiaan, tapi berdasarkan landasan hukum yang benar,” ujarnya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) nonaktif ini menambahkan dirinya tahu benar bagaimana Presiden Jokowi memutuskan untuk membebaskan Abu Bakar Ba’asyir.

“Saya tahu, beliau punya kemauan dan keinginan untuk itu. Bahkan bukan hanya membebaskan, beliau juga ingin merawat Abu Bakar Ba’asyir. Ini sisi kemanusiaan luar biasa dari seorang pemimpin negara,” tutur Ma’ruf.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyetujui pembebasan Ba ayir karena sudah menjalani lebih dari dua pertiga masa hukuman 15 tahun dan sudah menginjak usia 81 tahun.

Hal tersebut dikatakan kuasa hukum Jokowi-Ma’ruf Amin, Yusril Ihza Mahendra, saat mendatangi LP Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jumat siang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya