Marc Marquez merayakan kemenangannya pada seri kelima Moto GP 2019 di Sirkuit Le Mans, Prancis, Minggu (19/5/2019) malam WIB. (Reuters-Gonzalo Fuentes)

Solopos.com, SACHSENRING — Marc Marquez memasuki jeda paruh musim Moto GP dengan keunggulan 58 poin dari rival terdekat, Andrea Dovizioso. Ini setelah pembalap Honda tersebut menjuarai GP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Minggu (7/7/2019) malam WIB. Yang menarik, Marquez tidak pernah gagal menjadi juara dunia jika berhasil menjadi juara paruh musim.

Gelar di Sachsenring musim ini menjadi kemenangan kesepuluh beruntun Marquez di GP Jerman, tujuh di antaranya diraih di kelas premier Moto GP. Pembalap berjuluk Baby Alien itu tak mendapat tekanan berarti untuk melanjutkan dominasinya di GP Jerman. Maverick Vinales yang akhirnya finis di posisi runner up juga berselisih hampir lima detik dari Baby Alien.

“Di pengujung balapan saya hanya menunggangi sepeda motor, menikmati balapan dan memikirkan [liburan dengan] adik saya,” ujar Marquez seperti dilansir Crash, Minggu.

Setelah sempat mendapat tekanan dari Vinales dan Alex Rins di beberapa lap awal, Marquez yang start dari pole position mulai menjauh memasuki lap kesepuluh. Marquez kemudian bisa membalap dengan tenang setelah Rins mengalami kecelakaan pada lap ke-18.

Kecelakaan Rins membuat Marquez sempat unggul lebih dari 6 detik atas Vinales. Kemenangan kelima musim ini itu tersebut membuat Marquez meninggalkan Dovizioso dengan selisih 58 poin jelang race lanjutan di GP Repubik Cheska, 4 Agustus 2019.

“Saya senang bisa memasuki jeda pramusim dengan kondisi seperti ini,” ujar Marquez yang dijuluki Sachsen-King merujuk dominasinya di GP Jerman.

Sementara itu, Vinales cukup puas dengan torehan finis kedua di Sachsenring. Tambahan 20 poin membawanya merangsek ke posisi lima besar sekaligus menggeser rekan setimnya, Valentino Rossi.

“Ini benar-benar balapan yang berat. Kami memainkan kartu kami dan kami tahu ban keras adalah pilihan terbaik. Ini adalah hasil terbaik yang bisa diraih,” ujar pembalap Yamaha tersebut. 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten