SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

JAKARTA–Indeks harga saham gabungan (IHSG) dibuka turun ke bawah level psikologis 3.900 pada awal perdagangan, (22/6/2012), setelah turun 42,85 poin atau 1,11% ke 3.858,93 pagi ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Data perdagangan menunjukkan indeks saham domestik utama itu sudah bergerak di kisaran 3.843,02–3.872,55 sejak dibuka.

Koreksi masih terjadi di delapan sektor saham utama yang tercatat di PT Bursa Efek Indonesia, sedangkan satu sektor yaitu aneka industri masih hijau akibat posisi saham PT Astra International Tbk yang masih positif.

Koreksi IHSG sejalan dengan kondisi pasar saham AS yang terjun bebas semalam, tercermin dari koreksi indeks Dow Jones Industrial Avg -1,96% dan S&P 500 -2,23%.

Pasar saham Asia utama juga masih memerah semua pagi ini.

Analis Riset PT Erdikha Elit Sekuritas Ahmad Muhairuddin mengatakan koreksi pasar saham AS disebabkan oleh turunnya sektor saham material akibat melambatnya aktivitas manufaktur di seluruh kawasan, yang akan berpengaruh ke Asia dan IHSG.

“Hari ini IHSG diperkirakan akan kembali melemah. Apalagi ada berita terbaru dimana Moody’s menurunkan credit ratings 15 bank utama, termasuk Bank of America, Citigroup dan JP Morgan. Prediksi IHSG akan bergerak di sekitar level 3.811–3.901,” ujarnya dalan riset pagi.

Di sisi lain, analis PT Equator Securities Gina Novrina Nasution mengatakan IHSG diprediksi akan mengalami tekanan dengan kisaran perdagangan di level 3.861–3.942.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya