Markas Brimob Purwokerto Ditembaki, Ganjar Klaim Kondisi Jateng Masih Kondusif

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, mengklaim kondisi wilayahnya masih aman terkendali. Meski pun dalam beberapa hari terakhir wilayah Jateng dilanda teror.

Teror terjadi di wilayah Jateng menyasar beberapa daerah, seperti pembakaran pos polisi di Klaten dan penembakan Mako Brimob Batalyon B Pelopor Kompi 3 Watumas di Purwokerto, Banyumas, oleh orang yang tak dikenal Sabtu (25/5/2019) dini hari.

“Itu sudah dikejar sama kepolisian. Mereka kelihatannya hanya pengganggu saja. Jateng masih kondusif,” ujar Ganjar saat dijumpai wartawan seusai memberikan paparan dalam rapat koordinasi (rakor) di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang, Senin (27/5/2019).

Ganjar menyatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kapolda Jateng, Irjen Pol. Rycko Amelza Dahniel, dan Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI M. Efendi, untuk memastikan kondisi keamanan di Jateng berjalan aman menjelang libur Lebaran dan pasca-penetapan hasil Pemilu 2019.

“Insya Allah keamanan berjalan baik, tadi saya juga sudah berbicara dengan Kapolda dan Pangdam. Polri berada di garis paling depan, TNI mem-back up full,” kata politikus PDIP itu.

Disinggung apakah kasus penembakan Mako Brimob di Purwokerto apakah terkait dengan kerusuhan pada aksi 22 Mei di Jakarta, Ganjar membantahnya. “Enggak, enggak ada hubungannya. Itu cuma pengganggu. Enggak ada hubungannya [dengan aksi 22 Mei],” ujar Ganjar.

Terpisah, Kapolda Jateng, Irjen Pol. Rycko Amelza Dahniel, mengatakan saat ini pihaknya masih terus melakukan investigasi untuk mengungkap kasus penembakan Mako Brimob di Purwokerto yang menyebabkan satu anggota Brimob terluka.

“Proses investigasi masih terus berjalan. Olah tempat kejadian perkara dipimpin kepala laboratorium forensik Semarang. Mereka sedang melakukan uji balistik dan metalurgi proyektil. Termasuk pemeriksaan beberapa saksi dan rekaman CCTV untuk mengetahui profil senjata api dan pelakunya,” ujar Ryco.

Rycko juga menyatakan jika kondisi anggota Brimob yang terluka karena terkena tembakan saat insiden, yakni Bripka Imam Santoso, saat ini baik-baik saja. Bahkan, Ryco menyebut jika anggota Brimob itu saat ini sudah bertugas seperti biasa. “Satu orang anggota Polri terluka hanya terserempet dan bisa kerja kembali,” tandas Rycko.

Mako Brimob Batalyon B Pelopor Kompi 3 Watumas, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, ditembaki oleh orang tak dikenal pada Sabtu dini hari sekitar pukul 01.30 WIB. Pelaku penembakan melakukan aksinya mengendarai mobil jenis MPV berwarna silver keluaran tahun 2010. Ia melepas tembakan ke arah pos penjagaan Mako Brimob Watu Mas dan melukai satu petugas yang tengah berjaga.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Berita Terkait

Berita Terkini

Ke Mal di Sukoharjo, Ganjar Nonton Film Bioskop tentang Eks Napiter

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menonton film dokumenter tentang eks napiter yang berusaha kembali ke masyarakat saat berkunjung ke Sukoharjo.

Smartphone Sadis, Sony Xperia Pro-I Seharga Rp25 Jutaan Dirilis

Sony Xperia Pro-I resmi diluncurkan dibanderol $1.799,99.

Ini Target Waktu Pembebasan Lahan Tol Jogja Solo Seksi 1

Proses pembebasan lahan jalan tol Jogja Solo di Purwomartani, Kalasan sudah menyerap anggaran Rp344 miliar.

5 Bocah Main Air di Sungai, 1 Hilang

Keceriaan lima bocah itu berubah menjadi malapetaka setelah terdengar suara teriakan minta tolong dari para korban.

PLTSa Putri Cempo Solo, Puluhan Kontainer Material Mulai Berdatangan

Investor pembangunan PLTSa Putri Cempo Solo mendatangkan puluhan kontainer material dari India, China, dan Austria.

Ustaz di Lampung Unggah Video Dibegal, Eh Ternyata Abal-Abal

Karena menyebut nama Lampung, video rekayasa pembegalan itu dianggap membikin resah.

Nekat Goda Pacar Orang, Pria di Sidoarjo Jawa Timur Tewas Dikeroyok

Nekat goda pacar orang, seorang pemuda meninggal setelah menjadi korban pengeroyokan di kawasan GOR Sidoarjo, Jawa Timur.

Jumlah Subscriber Atta Halilintar Naik Pesat, Ini Kuncinya

Meski mengaku tak lagi ngaya, kenyataannya jumlah subscriber di channel Youtube Atta Halilintar tetap saja bertambah.

Langgar PPKM, Holywings dan Kafe Marabunta di Semarang Disegel

Dua kafe di Semarang, yakni Holywings dan Marabunta, disegel polisi karena melanggar aturan PPKM level 1 dengan buka lebih dari pukul 24.00 WIB.

Ini Skema Hyundai Hadapi Penyetopan Mobil Bensin-Solar Tahun 2050

Skema Hyundai hadapi kebijakan penyetopan penjualan mobil berbahan bakar bensin dan solar.

Pekan Terakhir Solo Great Sale 2021, Banjir Promo Diskon hingga 50%

Sejumlah merchant memberikan beragam promo hingga diskon 50% pada pekan terakhir penyelenggaraan Solo Great Sale (SGS) 2021.

Tuntut Usut Kasus Diklat Maut Menwa UNS, Mahasiswa Gelar Aksi 100 Lilin

mahasiswa mendesak rektorat tegas dan transparan dalam menyikapi kasus meninggalnya Gilang Endi

Tarif PCR di India Murah Banget Rp160.000an, Ternyata Ini Sebabnya

Budi Gunadi menekankan pemerintah tidak akan memberikan subsidi harga tes PCR karena harganya sudah cukup murah dibandingkan negara lain.

Warga Lansia dan ODGJ Gandekan Solo Disasar Vaksinasi Covid-19 Keliling

Pemerintah Kelurahan Gandekan, Jebres, Solo, bersama petugas Puskesmas Purwodiningratan melakukan vaksinasi Covid-19 keliling dengan sasaran warga lansia dan ODGJ.

Presiden Minta Kantin dan Tempat Parkir Diwaspadai, Ada Apa Ya?

Seiring dengan pembelajaran tatap muka yang sudah dimulai, Presiden meminta kewaspadaan tinggi di kantin dan tempat parkir.

Tips Hindari Teror Debt Collector Pinjol ala Bos Jasa Penagihan Solo

Bos perusahaan jasa penagihan Solo Giyatno membagikan tips cara agar terhindar dari teror debt collector pinjol yang dikenal kerap melakukan intimidasi.