SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – PT Marimas Putera Kencana bersama Solopos dan didukung dinas pendidikan di kota/kabupaten di Soloraya akan mengadakan pelatihan ecobricks untuk guru SD dan SMP. Ecobricks adalah cara pemanfaatan sampah plastik dengan memasukkannya ke dalam botol plastik yang selanjutnya bisa dibuat menjadi beberapa barang sederhana, seperti bangku dan meja.

General Manager PT Marimas Putera Kencana, Ong Inawati, melalui rilis yang diterima Solopos.com, Senin (15/7/2019), mengatakan ecobricks merupakan metode pengelolaan paling mudah yang bisa dilakukan semua orang. Cara membuat ecobricks adalah plastik bekas kemasan dibersihkan dan dikeringkan, lalu dipotong-potong kecil dan dimasukkan dalam botol plastik bekas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selanjutnya, dipadatkan dengan tongkat kayu atau bambu hingga padat. Berat minimal ecobricks adalah sepertiga dari volume botol yang digunakan. Jika botol yang digunakan adalah 600 ml maka berat ecobricks minimal 200 gram.

Ekspedisi Mudik 2024

Kegiatan ini melibatkan guru dari 100 SD dan 100 SMP di tiap kota/kabupaten sebagai peserta pelatihan. Pelatihan ecobricks akan dilaksanakan di Sukoharjo pada Selasa (16/7/2019), Boyolali Rabu (17/7/2019), Solo Kamis (18/7/2019), Sragen pada Senin (22/7/2019), Klaten Selasa (23/7/2019), Wonogiri pada Rabu (24/7/2019), dan Karanganyar pada awal Agustus 2019.

Marimas juga memiliki program Marimas Ecobricks Gratis 1.000 Laptop untuk beberapa sekolah di seluruh Indonesia. Sekolah yang membuat 100 ecobricks dapat ditukar dengan satu unit laptop.

Program ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Marimas untuk menarik kembali bungkus-bungkus kosong Marimas di masyarakat agar tidak mencemari lingkungan. Sekolah dapat mendaftar dalam program ini melalui www.marimasecobricks.com. Program ini berakhir Desember 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya