SOLOPOS.COM - Marie Bonaparte. (Wikimedia Commons via Library of Congress)

Solopos.com, SOLO-Orgasme pada wanita sejak dulu telah menarik perhatian dan Marie Bonaparte adalah peneliti wanita pertama yang mempelajari hal itu. Cicit dari Napoleon Bonaparte ini lahir di Saint-Cloud, sebuah komune pinggiran kota Paris yang kaya.

Ibunya, Putri Marie-Félix Blanc, meninggal karena emboli sebulan setelah kelahirannya. Dia adalah seorang anak yang penuh dengan fobia, sangat takut tertular infeksi virus dari kamar yang penuh sesak dan teguh dalam keyakinannya bahwa dia akan mewarisi penyakit ibunya sendiri. Ketakutan ini berkontribusi pada studi kedokterannya, pengejaran akademis yang tidak didukung oleh ayahnya tetapi yang akan mendorong keingintahuan dan penelitiannya selama sisa hidupnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mengutip laman ladyscience.com pada Kamis (22/9/2022), pada usia 25 tahun, Marie menikah dengan Pangeran George dari Yunani dan Denmark pada 21 November 1907. Meskipun mereka memiliki dua anak bersama, Pangeran Peter (1908) dan Putri Eugénie  (1910),  hubungan seksual pasangan itu dingin dan tidak memuaskan.

Baca Juga: Pakar Ungkap Pentingnya Orgasme pada Wanita

Dua hal dalam hidup Marie menjadi katalis dirinya sebagai peneliti orgasme pada wanita dan kaitannya dengan anatomi tubuh wanita. Dua hal itu antara lain hubungan seksual dengan suaminya yang tidak memuaskan dan dengan perluasan frigiditas yang didiagnosis sendiri oleh Marie sendiri.

Penelitian psikoanalis Marie yang paling terkenal tentang jarak klitoris ke vagina dan kecenderungannya untuk orgasme melalui vagina. Dalam karyanya yang berjudul Three Essays on the Theory of Sexuality  pada 1905, Freud menyarankan dua cara bagi seorang wanita untuk mencapai klimaks yaitu vagina, yang dianggap “dewasa” dan “sehat”, dan klitoris, yang dianggap “tidak dewasa”, “kekanak-kanakan,” dan bukti gangguan jiwa.

Dia mengemukakan bahwa seksualitas perempuan sulit dipahami dan bahwa frigiditas seksual “terkadang bersifat psikogenik.” Teori-teori ini, yang berada di atas jurang revolusi seksual asli pada1920-an, sekarang dianggap ketinggalan zaman dan tidak benar. Tetapi seabad yang lalu, teori-teori tentang frigiditas ini sangat penting dalam kerentanan Marie terhadap pengaruh Freud dan menjadi penyewa inti dari penelitiannya sendiri. Keduanya bertemu pada  1925, dan persahabatan mereka menjadi begitu kuat sehingga Marie dijuluki “putri Freudian.”

Baca Juga: Bolehkah Berhubungan Seks saat Hamil? Boleh Dong…

Didorong oleh ketidakmampuannya untuk orgasme, baik dengan suaminya dan banyak kekasihnya sendiri, wanita ini terlibat dalam penelitian  terkait orgasme pada wanita yang akhirnya memuncak dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Bruxelles-Médical pada tahun 1924 dengan nama samaran laki-laki A. E. Narjani.

Mendokumentasikan jarak fisik antara klitoris dan lubang vagina 243 wanita, Marie membagi wanita menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama yaitu wanita dengan jarak klitoris dan lubang vagina kurang dari 1 sentimeter diberi label sebagai paraclitoridiennes yaitu yang paling mungkin untuk mencapai orgasme vagina dewasa.

Baca Juga: Manfaat Tidur Berpelukan dengan Pasangan

Sedangkan wanita dengan jarak menengah, 1 sentimeter hingga 2,5 sentimeter antara dua organ seks diberi label mesoclitoriennes bisa mengalami orgasme campuran. Sedangkan wanita dengan jarak yang panjang yaitu 2,5 sentimeter, antara dua organ seks, yang diberi label sebagai téleclitoridiennes, ditentukan untuk mengalami kesulitan mencapai, jika bukan obstruksi total, pelepasan orasgmik vagina yang “matang”. Marie mengkategorikan dirinya dalam kelompok yang terakhir

Marie melaporkan temuannya pada lima individu wanita yang menjalani prosedur bedah untuk “menutup celah” antara dua organ dengan harapan mencapai orgasme dewasa sehingga menyembuhkan diri dari frigiditas mereka. Dari lima operasi, hanya dua yang awalnya dilaporkan berhasil.

Baca Juga: Berapa Ukuran Normal Mr P saat Ereksi? Simak Penjelasannya

Ini kemudian ditentang, bagaimanapun, ketika temuan dari dua “keberhasilan” terbukti dicampur: Pasien mengalami kelanjutan dari orgasme klitoris “belum matang” di samping klaim klimaks melalui hubungan vagina. Akhirnya, laporan-laporan ini dianggap tidak berdasar.
Marie menjalani prosedur itu sendiri sebanyak tiga kali setelah penelitian awalnya. Dia mengabaikan protes Freud untuk menjalani operasi itu sendiri; satu teori adalah bahwa dia mungkin telah melihat respons Freud sebagai berasal dari tempat trauma yang belum terselesaikan setelah dia menyaksikan operasi hidung yang gagal pada tahun 1895 dan menjadi sangat berhati-hati. Tak satu pun dari tiga operasi Marie yang berhasil.

Saat memeriksa pencarian Marie dari lensa modern, mudah untuk menganggapnya sebagai korban waktu dan konstruksi Freudian yang ketinggalan zaman. Penting untuk diingat, bagaimanapun, bahwa penelitian Marie, meskipun berakar pada mutilasi diri dan pseudosains yang tidak berdasar, masih merupakan terobosan di zaman ketika mereka yang mengaku memahami misteri seksualitas perempuan.

Baca Juga: Posisi Lotus dalam Berhubungan Intim itu Seperti Apa? Ini Penjelasannya

Penelitian Marie berfokus pada orgasme wanita di zaman ketika seksualitas wanita dipandang sebagai tabu, tugas yang dilakukan hanya untuk tujuan prokreasi dan kepuasan suami daripada untuk kesenangan yang berasal dari diri sendiri. Penelitian Marie membuka jalan untuk eksplorasi lebih lanjut tentang orgasme wanita.

Pada 1970, feminis Anne Koedt berargumen dalam makalahnya The Myth of the Vaginal Orgasm bahwa orgasme klitoris sebenarnya adalah satu-satunya cara bagi wanita untuk mencapai orgasme yang sebenarnya, menyatakan bahwa tingkat “frigiditas wanita” yang tinggi disebabkan oleh ketidaktahuan pria tentang wanita. Anatomi dan dorongan untuk mengikat perempuan ke dalam peran sosial dan seksual yang ditentukan oleh pria.

Telah diterima secara luas bahwa kesenangan wanita tidak dibagi menjadi vagina dan klitoris tetapi tercakup dalam kompleks clitourethrovaginal (CUV), konsep bahwa hubungan dinamis dalam vagina, klitoris, dan uretra dapat merangsang pelepasan seksual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya