Marak Penipu Bermodus Beli Kendaraan, Ini Tips dari Kapolres Sukoharjo

Kapolres Sukoharjo membagikan sejumlah tips agar terhindar dari aksi penipu yang berpura-pura hendak membeli kendaraan namun kemudian dibawa kabur sebelum dibayar.

 Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, menunjukan barang bukti dan pelaku pencurian mobil Pajero di halaman Mapolres Sukoharjo, Senin (29/11/2021). (Solopos/Candra Putra Mantovani)

SOLOPOS.COM - Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, menunjukan barang bukti dan pelaku pencurian mobil Pajero di halaman Mapolres Sukoharjo, Senin (29/11/2021). (Solopos/Candra Putra Mantovani)

Solopos.com, SUKOHARJO — Polres Sukoharjo mengingatkan warga untuk lebih waspada terhadap ulah penipu bermodus mau beli kendaraan lalu membawa kabur saat berpura-pura menjajal kendaraan tersebut.

Kasus penipuan dengan modus demikian belakangan ini marak terjadi di wilayah Sukoharjo. Tercatat ada tiga kasus penipuan dengan modus serupa. Warga diharapkan lebih berhati-hati ketika bertransaksi atau menawarkan kendaraan yang akan dijual.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, membenarkan semakin maraknya kasus penipuan dengan modus tersebut. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya jumlah kasus yang dilaporkan selama sepekan terakhir.

Baca Juga: Penemuan Mayat Bayi di Dalam Kardus Gegerkan Warga Nguter Sukoharjo

Kapolres menyebut ada kasus mobil Mitsubishi Pajero yang dibawa kabur saat pelakku berpura-pura mengajak korban ke bank untuk mengambil uang. Kemudian kasus sepeda motor Kawasaki KLX yang dibawa kabur saat pelaku yang menyaru sebagai calon pembeli menjajal motor tersebut.

“Kasusnya memang marak dan banyak digunakan pencuri saat ini. Sepekan terakhir saja setidaknya ada dua kasus yang kami tangani. Kasus Pajero sudah kami tangkap [pelakunya], KLX masih kami tangani dan dalam proses,” ucapnya ketika ditemui Solopos.com di Mapolres Sukoharjo, Senin (29/11/2021).

Kapolres mengimbau warga untuk semakin waspada dan lebih berhati-hati. Ia pun memberikan sejumlah tips untuk masyarakat supaya tidak menjadi korban penipuan dengan modus serupa.

Baca Juga: Awas! Sepekan 3 Kasus Kendaraan Dibawa Kabur Calon Pembeli di Sukoharjo

1. Meminta identitas calon pembeli

Kapolres mengimbau warga yang akan bertransaksi kendaraan yang diiklankan secara online melalui media sosial untuk meminta identitas seperti KTP calon pembeli untuk jaga-jaga. Dengan begitu apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, korban sudah mengantongi sejumlah petunjuk yang berguna dalam penelusuran lokasi pelaku.

2. Memfoto calon pembeli

Selain meminta identitas, penjual juga diminta untuk memfoto calon pembeli atau berfoto bersama. Sehingga, wajah dan identitas terkini sudah dikantongi penjual.

Baca Juga: Tersetrum, Tukang Bangunan Meninggal di Atap Rumah Sonorejo Sukoharjo

3. Tidak sembarangan menyerahkan kendaraan yang dijual

Kapolres meminta penjual tidak mudah melepas kendaraan yang akan dijual untuk dicoba pembeli. Modus ini paling banyak digunakan penipu untuk mengelabui penjual.

4. Selesaikan transaksi di awal

Jangan menyerahkan kendaraan untuk dijajal di jalan sebelum proses transaksi benar-benar selesai. Hal ini untuk antisipasi potensi kendaraan dibawa kabur sebelum dibayar.

Berita Terkait

Espos Plus

Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

+ PLUS Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

Jurnalis Tempo di Kota Surabaya, Jawa Timur, Nurhadi, hingga kini masih dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Jaksa penuntut umum mengajukan banding atas vonis terhadap dua polisi penganiaya Nurhadi.

Berita Terkini

Desa Boleh Usulkan Jumlah KPM BLT Sesuai Kondisi

Pemerintah membolehkan desa mengusulkan jumlah KPM kurang atau lebih banyak dari kuota KPM yang ditetapkan pemerintah sesuai alokasi anggaran BLT.

Pemimpin Baru Mangkunegaran Solo Disebut Condong ke Bhre Cakrahutomo

Calon pemimpin baru Mangkunegaran Solo yang merupakan penerus KGPAA Mangkunagoro IXdisebut-sebut sudah mengerucut ke nama Bhre Cakrahutomo.

Anggota DPRD Solo Beri Pesan Begini soal Penataan Selter PKL Manahan

Anggota DPRD Solo memberikan pesan terkait rencana penataan PKL di selter sekitar Stadion Manahan untuk mendukung Solo sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Hall di Pedaringan Solo Sempat Ditawarkan ke Investor Senilai Rp124,5 M

Gedung Solo Convention - Exhibition Hall berkapasitas sampai 15.000 orang yang akan dibangun di Pedaringan, Jebres, pernah ditawarkan lewat ajang Solo Investment Forum senilai Rp124,5 miliar.

KSP Sejahtera Bersama, Bagi Hasil 10% hingga Raih Penghargaan Presiden

KSP Sejahtera Bersama Klaten menggaet ribuan nasabah dengan menawarkan sistem bagi hasil yang menggiurkan, hingga 10 persen.

Geruduk KSP Sejahtera Bersama Klaten Lagi, Nasabah Ancam Lapor Polisi

Nasabah akan menempuh jalur hukum setelah dana yang mereka simpan di KSP Sejahtera Bersama Klaten tak kunjung cair.

Penyebab Truk Ngglondor Hantam Kontainer di Tanjakan Keboan Boyolali

Evakuasi truk yang terlibat kecelakaan sempat mengalami kendala karena barang bawaan truk tronton tidak mudah dievakuasi dan terkendala cuaca.

Komunitas Isuzu Panther Soloraya Jadi Duta Wisata Karanganyar

Komunitas Isuzu Panther Soloraya menjadi duta wisata yang membantu mempromosikan tempat-tempat pariwisata Karanganyar.

Atit Novitasari Berpulang, Klaten Kehilangan 16 Kades Aktif

Sebelum kades Glagahwangi, Atit Novitasari, meninggal dunia, jumlah kades aktif yang meninggal dunia telah mencapai 15 orang.

Gibran Dilaporkan ke KPK, Legislator DPRD Solo: Laporkan Balik

Wakil Ketua DPRD Solo Taufiqurrahman menilai perlu untuk Gibran dan Kaesang yang telah dilaporkan ke KPK untuk melaporkan balik si pelapor.

Sampah Kayu di Kali Buntung Sukoharjo Bersih Usai Dikeruk Alat Berat

Proses pengerukan sampah kayu di Jembatan Cendini selama sekitar tiga jam dan akhirnya aliran air Kali Buntung kembali lancar.

Kabar Duka, Kades Glagahwangi Klaten Berpulang pada Usia 41 Tahun

Kades Glagahwangi, Polanharjo, Klaten, Atit Novitasari, meninggal dunia di RSUP dr. Sardjito Yogyakarta, Selasa (18/1/2022) pukul 09.00 WIB.

Soal Bank Sampah di Tiap RW untuk Papi Sarimah, DLH Solo: Dikaji Dulu!

Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Solo menyatakan perlu dikaji dulu soal usulan satu bank sampah di tiap RW untuk mendukung program Papi Sarimah.

Ketimpangan Pengeluaran dan Pengaruh Buta Huruf Terhadap Kemiskinan

Angka ketimpangan pengeluaran dan rasio angka buta huruf dan pengaruhnya terhadap kemiskinan.

Ternyata Ada Jembatan Amien Rais di Klaten, Ini Lokasinya

Jembatan itu kerap disebut dengan nama Jembatan Amien Rais lantaran pengecoran jembatan dilakukan warga memanfaatkan gelontoran bantuan dari tim Amien Rais kala menjadi capres pada Pilpres 2004.