SOLOPOS.COM - Mahasiswa dan warga sedang memasang pipa saluran air bersih di Desa Gendayakan, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI — UKM Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Gapadri Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) melakukan aksi nyata di Dusun Ngejring, Desa Gendayakan, Kecamatan Paranggupito,Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Kali ini Mapala Gapadri bersama Wiyanto, alumni ITNY dan warga sekitar berhasil melakukan pemasangan pipa air bersih. Bahkan termasuk konstruksi keran untuk menyalurkan air bersih sepanjang 620 meter. Pemasangan dilakukan di lingkungan Kars Desa Gendayakan pada 22 – 24 Agustus 2021. Keberhasilan program ini juga atas bantuan para donatur.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Alhamdulillah Masjid Ngejring dan Masjid Nurul Huda Gendayakan sudah bisa mendapatkan air bersih. Air yang disalurkan bersumber dari Goa Jomblang Ngejring,” kata pemilik pondok pesantren Daarul Muthola’ah, Sragen, Wiyanto.

Baca juga: Kekeringan, Ratusan Warga Desa Guno Wonogiri Jalan Kaki Cari Air ke Sungai

Kepala Bagian Kemahasiswaan ITNY, Rizqi M Mahbub, ST, MT merasa bangga atas kegiatan mahasiswa ITNY. Karena membantu warga menyalurkan air bersih melalui pipa untuk kebutuhan mandi, masak, dan cuci.

“Dengan pemasangan pipa ini, warga tidak perlu mengangsu lagi ke sumber air,” ujar Rizqi.

Baca juga: 2 Hari Open Donasi untuk Satwa, Bonbin Jurug Solo Kumpulkan Rp13 Juta

Sebelumnya, Mapala Gapadri ITNY berhasil menemukan air tanah kars pada pertengahan tahun 2019. Temuan ini setelah mereka berjuangan memasuki goa vertikal 180 meter.

“Semenjak ada sumber air bersih dari Goa Jomblang Ngejring, kehidupan kami menjadi sangat terbantu. Sebelumnya terpaksa membeli air bersih dari truk-truk tangki untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” tutur Lardi, salah seorang warga Dusun Ngejring.

Baca juga: Prodi Teknik Mesin ITNY Gelar Lomba Esai dan Desain Tingkat Nasional bagi siswa SMA/Sederajat

Karya Nyata Mahasiswa ITNY

Mahasiswa ITNY

Rizqi menambahkan, pemberdayaan organisasi kemahasiswaan berperan aktif dalam bersosial. Memberikan solusi bagi masyarakat menjadi salah satu program unggulan Bagian Kemahasiswaan ITNY.

Ia berharap program ini menghasilkan karya yang nyata. Yaitu tumbuhnya inisiatif dan partisipatif mahasiswa. Sehingga tertanam pola pikir untuk turut aktif dalam kegiatan peningkatan kesejahteraan di masyarakat.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya