Tutup Iklan
Pembalap Ferrari, Charles Leclerc. (Reuters-Gonzalo Fuentes)

Solopos.com, MONAKO — Debut Charles Leclerc bersama Ferrari di hadapan publik sendiri di GP Monako hancur lebur. Setelah harus start dari posisi ke-15 akibat blunder strategi tim Ferrari, Leclerc gagal finis lantaran bersenggolan dengan dengan pembalap Renault, Nico Hulkenberg pada race, Minggu (26/5/2019) malam WIB.

Leclerc memang sudah tampil agresif sejak awal balapan untuk merangsek ke posisi depan. Pembalap 21 tahun itu sukses menyalip Romain Grosjean dengan manuver berani di sisi dalam La Rascasse. Dia kemudian berusaha mengulangi manuver di tempat yang sama terhadap Hulkenberg pada lap berikutnya.

Namun kali ini Leclerc tidak mendapatkan ruang dan menyenggol pagar bagian dalam yang membuatnya melintir hingga menyenggol Hulkenberg. Kontak tersebut membuat ban kanan belakang Leclerc pecah.

Meski sempat melanjutkan balapan, Leclerc memutuskan berhenti setelah melalui tiga pit stop. Hulkenberg juga terpaksa masuk ke pit untuk mengganti ban yang kempis. Pembalap Jerman tersebut akhirnya gagal mendulang poin setelah hanya finis di posisi 14.

Hulkenberg pun menuding Leclerc menjadi kurang sabar dan frustrasi setelah start dari posisi belakang. Menurut dia, cara menyalip Leclerc tak selalu berhasil di sirkuit berlintasan sempit seperti Monako meski dia telah berusaha memberikan ruang agar tak terjadi kecelakaan.

“Sebagai pembalap, Anda harus tahu kapan peluang itu terbuka atau kapan peluang itu tertutup. Menurut saya dia terlalu ambisius dalam momen itu,” ujar Hulkenberg seperti dilansir Motorsport, Senin (27/5).

Leclerc akhirnya menjadi satu-satunya pembalap yang gagal finis di GP Monako. Kegagalan di kandang sendiri membuat poinnya tertinggal semakin jauh dari empat besar klasemen. Kini Leclerc sudah tertinggal 21 poin dari Max Verstappen di posisi ketiga serta 80 poin dari Lewis Hamilton di puncak klasemen.

GP Monako sendiri dimenangi Hamilton setelah pembalap Mercedes itu memenangi duel seru dengan Verstappen. Ini menjadi kemenangan ketiga Hamilton di musim 2019. Sementara itu Verstappen harus rela melorot ke posisi keempat setelah mendapat penalti lima detik.

Hukuman tersebut didapatnya setelah membahayakan Valtteri Bottas usai dilepas dari pit dalam periode safety car. Sebastian Vettel pun mengambil keuntungan dengan naik podium kedua disusul Bottas di tempat ketiga. 

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten