Manuskrip Kitab Primbon asal Sragen Diusulkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

Kitab Primbon Haji Tabbri dulunya disampaikan dalam tradisi sorongan di Pondok Pesantren Haji Tabbri di Desa Donoyudan, Kecamatan Kalijambe.

 Kepala Bidang Pembangunan Kebudayaan Disdikbud Sragen, Johny Adhi Aryawan memperlihatkan copy manuskrip asli Haji Tabbri di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sragen pada Jumat (30/9/2022). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo).

SOLOPOS.COM - Kepala Bidang Pembangunan Kebudayaan Disdikbud Sragen, Johny Adhi Aryawan memperlihatkan copy manuskrip asli Haji Tabbri di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sragen pada Jumat (30/9/2022). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo).

Solopos.com, SRAGEN–Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sragen tengah mengusulkan manuskrip, Kitab Primbon Haji Syekh Imam Tabbri sebagai warisan budaya tak benda (WBTB) ditingkat Jawa Tengah, bersama 16 usulan WBTB se-Jateng lainnya.

Kepala Bidang Pembangunan Kebudayaan Disdikbud Sragen, Johny Adhi Aryawan, mengatakan Kitab Primbon Haji Syekh Imam Tabbri adalah karya sastra yang ditulis oleh Haji Syekh Tabbri (Haji Tabbri), yang selesai ditulis pada 1857 Masehi.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

“Saat ini manuskrip tersebut disimpan olah Ahmad Wahyu Sudrajad, keturunan kelima dari Haji Tabbri,” terang Johny pada Solopos.com saat ditemui di kantornya Jumat (30/9/2022).

Ia menambahkan Kitab Primbon Haji Tabbri dulunya disampaikan dalam tradisi sorongan di Pondok Pesantren Haji Tabbri di Desa Donoyudan, Kecamatan Kalijambe.

Setelah lulus, para santri Haji Tabbri tersebut kemudian berdakwah agama Islam, terutama di Kalijambe, namun juga menyebar ke bagian utara Bumi Sukowati, yaitu Sumberlawang, Plupuh, Gemolong, dan Gesi.

Johny mengatakan saat ini kajian atas karya Haji Tabbri dituangkan dalam jurnal ilmiah yang terakreditasi secara nasional dan dapat diakses di berbagai laman pustaka, misalnya Jumantara. Sehingga persebaran karya ini dapat dikatakan telah menyebar secara nasional.

Ia menambahkan manuskripnya sendiri telah didaftarkan sebagai warisan budaya benda, yaitu cagar budaya pada 2019 lalu. Kemudian WBTB ini, adalah warisan nilai-nilai pengetahuan dan karakter yang terkandung dalam manuskrip tersebut.

Walaupun manuskrip tersebut sudah tidak diketahui judulnya dikarenakan sampulnya yang telah hilang, namun secara turun temurun penyebutan yang diberikan oleh pihak keluarga adalah Kitab Primbon Haji Syekh Imam Tabbri.

“Naskah tersebut terbagi menjadi beberapa bagian tulisan, yaitu materi keagamaan untuk kepentingan dakwah Islam, maulid qashar, ketauhidan, kumpulan doa dan amalan-amalan, pengetahuan filsafat dan tasawuf. Kemudian pengetahuan tentang ilmu falaq dan penanggalan Jawa,” ujar Johny.

Teks pada manuskrip tersebut ditulis pada kertas daluwang (dluwang) berukuran 23 cm x 19 cm, tidak bergaris, menggunakan aksara Arab, Pegon, dan Jawa.

Kondisi naskah sudah sedikit rapuh dan hampir seluruh lembar kertas mengalami rusak atau robek di pinggir manuskrip. Namun, secara keseluruhan, tulisan masih bisa dibaca dengan baik. Hanya beberapa bagian kecil saja yang benar-benar mengalami pelapukan, sehingga benar-benar tidak bisa terbaca.

“Saat ini satu-satunya anggota keluarga yang menguasai pengetahuan isi manuskrip tersebut adalah Ahmad Wahyu Sudrajad, sebagai keturunan kelima. Mulai 2020, Ahmad secara khusus mengajarkan pengetahuan isi manuskrip kepada beberapa anggota keluarga Haji Syekh Imam Tabbri.

Johny menambahkan manuskrip tersebut, sementara ini adalah satu-satunya manuskrip historiografis yang ditemukan in situ di Sragen.

“Pentingnya pelestarian pengetahuan isi manuskrip tersebut salah satunya karena memuat catatan peristiwa penting yang dapat menjadi sumber penulisan sejarah perjuangan agama Islam,” terang Johny.

Pamong Budaya Muda/Sub Koordinator Cagar Budaya dan Koleksi Museum Disdikbud Sragen, Andjarwati Sri Sayekti, mengatakan penetapan WBTB tersebut akan dilaksanakan Jumat (30/9/2022).

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Layani Aduan Masyarakat, Polres Sukoharjo Berikan Pos Polisi Keliling

      Pos polisi keliling tersebut melayani aduan masyarakat seperti kehilangan barang, seperti kartu keluarga (KK), ATM, KTP, dan sebagainya.

      Daftar Agenda Donor Darah PMI Wonogiri Sepanjang Desember 2022

      PMI Wonogiri membuka pelayanan bagi warga yang ingin melakukan donor darah.

      Tak Hanya CFD, Sederet Agenda Tetap Jalan Meski Ada Pernikahan Kaesang di Solo

      Sejumlah agenda rutin maupun insidental tetap berlangsung meski ada acara tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Solo, Minggu (11/12/2022).

      Solopos Hari Ini: Siaran Analog Berhenti, STB Dicari

      Penghentian siaran televisi bersistem analog di wilayah Soloraya membuat set top box (STB) diburu.

      Beli Rp10.000 Dapat 1 Paket Sembako di Pasar Murah Sragen

      Program pasar murah dan kegiatan padat karya tersebut sengaja digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen sebagai amanat Peraturan Menteri Keuangan (PMK) untuk antisipasi dampak inflasi akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

      Wali Kota Gibran Pastikan Tak Libatkan Seniman Ibu Kota untuk Nikahan Kaesang

      Gibran mengklaim semua seniman Solo mulai, antara lain, musik dan tari-tarian ada. Informasi lengkap tentang panggung hiburan akan dilakukan dengan jumpa pers pekan ini.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 5 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Senin (5/12/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 5 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Senin (5/12/2022), bisa disimak di sini.

      Keluarga Presiden Bagikan Makanan bagi Penonton Kirab Nikah Kaesang di CFD Solo

      Keluarga Presiden Jokowi akan membagikan makanan dan suvenir saat kirab pernikahan Kaesang-Erina.

      Pilkades Antarwaktu di 2 Desa di Bulu Sukoharjo Kondusif, Ini Hasilnya

      Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sukoharjo Sigit Nugroho mengatakan pada 2022 pemilihan Kades Pengganti Antarwaktu telah digelar selama tiga kali.

      Inilah 15 Lokasi Parkir Mobil Tamu Undangan Pernikahan Kaesang-Erina di Solo

      Panitia menyiapkan 15 kantong parkir mobil tamu undangan saat pernikahan Kaesang-Erina di Solo.

      Ratusan Kamera CCTV Solo Smart City Awasi Potensi Gangguan Saat Nikahan Kaesang

      Petugas keamanan akan dibantu ratusan kamera CCTV Solo Smart City untuk mendukung pengamanan pelaksanaan pernikahan Kaesang-Erina di Solo.

      Kisah Pendiri Sardi Elektro di Boyolali, Penyandang Disabilitas Daksa Mandiri

      Penyandang disabilitas daksa di Boyolali, Sardi, berhasil mengajak para penyandang difabel untuk berkarya di bidang servis elektro.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Senin Ini: Hujan Lebat Siang

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Senin 5 Desember 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 5 Desember 2022, Hujan Petir

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Senin (5/12/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.