SOLOPOS.COM - Tim sepak bola MSA Thorana Aru, Maluku (Antara/Thorana Aru Maluku)

Solopos.com, AMBON — Prestasi membanggakan diraih para pesepak bola belia asal Maluku, MSA Thorana Aru. Tim sepak bola kelompok umur (KU) 13 tahun asal Maluku ini membukukan prestasi gemilang dengan menjadi kampiun pada Kuala Lumpur Cup 2023 di Malaysia, beberapa waktu lalu.

“Kami sangat bangga dengan pencapaian anak-anak Maluku yang mampu mengharumkan nama bangsa di negeri tetangga,” ujar Manager MSA Thorana Aru, Glenn Siahaya, Rabu (22/3/2023).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ia mengatakan kemenangan tersebut cukup mengejutkan mengingat tim yang dibawa menuju kompetisi tersebut hanya dipersiapkan selama tiga bulan sebelum pertandingan. “Persiapannya cukup singkat hanya tiga bulan di Dobo, Kepulauan Aru dan di Kota Ambon,” ungkapnya.

Selain singkat, persiapan pun dilakukan di tengah keterbatasan karena para pemain tidak didukung dengan peralatan yang memadai selama latihan di Dobo.

“Oleh karenanya, hasil ini sangat membanggakan karena kami latihan dengan sarana dan prasarana yang terbatas. Sementara tim-tim lain berlatih dengan fasilitas lengkap serta pelatih dengan sertifikasi Asia,” imbuhnya.

Meski demikian, para punggawa muda MSA Thorana itu memiliki catatan yang baik sepanjang kompetisi. Pada babak penyisihan Grup B, Tim Pattimura Muda itu mampu memetik tiga kemenangan, satu kali hasil imbang, dan satu kali kekalahan.

Pada babak semifinal, MSA Thorana Aru bahkan mampu mencetak kemenangan besar atas BG Bangladesh dengan skor 5-0 sekaligus memastikan langkahnya ke final.

Di partai final, tim sepak bola asal Maluku itu sukses mengalahkan tim Vilareal A asal Malaysia dengan skor 2-1 melalui drama adu penalti. Adu penalti digelar setelah laga di waktu normal berakhir dengan skor 1-1.

Dengan prestasi yang telah diraih para pemain muda Maluku di turnamen luar negeri itu, Siahaya berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku lebih peduli dalam pembinaan sepak bola usia dini di daerahnya. Hal itu perlu dilakukan demi melahirkan atlet-atlet muda yang berbakat yang mampu memberikan prestasi gemilang ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya